Kominfo Pamer Kecanggihan Metaverse di DTE G20

Kominfo Pamer Kecanggihan Metaverse di DTE G20

ADVERTISEMENT

KTT G20

Kominfo Pamer Kecanggihan Metaverse di DTE G20

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 12 Nov 2022 18:40 WIB
Alternate Chair of DEWG Dedy Permady
Kominfo Pamer Kecanggihan Metaverse di DTE G20. Foto: Kementerian Kominfo
Jimbaran -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memamerkan perjalanan transformasi digital di Digital Transformation Expo (DTE). Menariknya, pengunjung akan disuguhi kecanggihan di side event G20 Indonesia 2022.

Alternate Chair of DEWG Dedy Permady mengungkapkan DTE akan menyajikan pameran visual transformasi digital yang tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga negara-negara yang tergabung di G20.

"Tujuannya adalah untuk kita bisa mendapatkan gamabran lompatan-lompatan atau kemajuan transformasi digital yang sudah dan sedang dilakukan oleh pemerintah beserta stakeholders," ujar Dedy dalam konferensi pers di Jimbaran, Bali, Sabtu (12/11/2022).

"Digital Transformation Expo ini bukan pameran yang biasa, tetapi Digital Transformation Expo adalah pameran yang berusaha menyediakan atau menyampaikan substansi dengan instrumen atau sentuhan digital," sambungnya.

Di DTE ini terdiri enam area yang bisa dirasakan pengunjung maupun delegasi, yakni terdiri area pintu masuk yang akan menyambut kolaborasi negara G20. Area kedua itu tunnel of wonders ini menyuguhkan visual kekayaan alam budaya Indonesia.

Area ketiga merupakan main area yang akan menampilkan transformasi digital Indonesia beserta perkembangan terakhirnya.

"Empat pilar itu apa? Yang pertama adalah pembangunan infrastruktur digital, ekonomi digital, masyarakat digital, tata kelola pemerintahan digital yang ditampilkan secara visual yang menarik," paparnya.

Kemudian area keempat adalah G20 Synergy yang memungkinkan pengunjung dapat memilih transformasi digital di negara-negara G20. Area kelima diisi dengan wall of collaboration, yang menjadi area untuk menunjukkan apresiasi kepada stakeholder hingga multi stakeholder terkait.

"Dan yang terakhir yang kami sebut the mateverse corner ini bagian terakhir dari Digital Transformation Expo yang didalamnya menyajikan digital experience yang berbasis metaverse. Ini adalah kerjasama antara perusahaan anak bangsa dan perusahaan global yang mengembangkan metaverse secara bersama-sama," tuturnya.

DTE tidak hanya menjadi salah satu side event KTT G20 Indonesia 2022, tetapi juga menjadi salah satu deliverable Digital Economy Working Group (DEWG), yang akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali pada tanggal 13-17 November 2022 mendatang.



Simak Video "Melihat Titik Jumpa Jurnalis Lintas Negara di KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT