3 Fakta WhatsApp Group 'ABS' Milik Ajudan Sambo

3 Fakta WhatsApp Group 'ABS' Milik Ajudan Sambo

ADVERTISEMENT

3 Fakta WhatsApp Group 'ABS' Milik Ajudan Sambo

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 09 Nov 2022 11:45 WIB
Ilustrasi Whatsapp Bisnis.
Para ajudan Ferdy Sambo memiliki WhatsApp Group yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Nama WA Group itu adalah ABS (Foto: Alexander Shatov/Unsplash)
Jakarta -

Di sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J dijelaskan bahwa para ajudan Ferdy Sambo memiliki WhatsApp Group yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari. Nama WA Group itu adalah ABS.

Hal itu diungkap ART bernama Diryanto alias Kodir dan sekuriti rumah Ferdy Sambo, Damianus Laba Kobam alias Damson saat menjadi saksi dalam sidang pembunuhan Yosua dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2022).

Saat itu, jaksa menanyakan apakah ada group WA untuk para ART dan para ajudan. Kodir pun membenarkannya.

Berikut ini adalah sejumlah keterangan saksi soal WhatsApp Group ABS:

1. Kepanjangan ABS

Para ajudan dan ART di rumah sambo sebagian tergabung di dalam WA Group. Ketika Jaksa menanyakan nama group WA yang ada, Damson menjawab nama group tersebut kalau tidak salah adalah 'ABS'.

"ABS tuh kepanjangan apa?" tanya jaksa.

"ABS itu 'Anak Buah Sambo'," terang Damson.

2. Hanya laki-laki yang bergabung

Di persidangan yang menghadirkan banyak saksi itu, terungkap bahwa Susi ART Sambo tidak masuk ke dalam group ABS. Susi mengaku sendiri bahwa ia tidak ada di dalam group tersebut. "Hanya yang laki-laki saja," ujar Damson.

3. Diklaim sudah tidak aktif

Ketika dikonfirmasi oleh jaksa, saksi yang ada menjawab bahwa group WhatsApp ABS sudah tidak aktif. Hal ini diungkapkan oleh Damson.

"Group masih aktif tidak?" jaksa bertanya.

"Sudah tidak aktif," jawab Damson.

4. Admin tidak diketahui

Ketika jaksa bertanya mengenai admin dari WhatsApp Group ABS, para saksi mengaku lupa siapa yang membuat group tersebut. Karena itu, pertanyaan siapa admin di dalam group itu tidak diketahui.

Menurut FAQ WhatsApp dari situs resminya, seperti dilihat Rabu (9/11/2022) untuk mengetahui siapa saja partisipan, yang tergabung dalam group WA, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah dengan membuka ruang chat group, kemudian sentuh nama group yang ada di atas. Scroll ke bawah, nantinya akan terlihat siapa saja anggotanya.

Selain siapa saja anggota group, akan terlihat juga siapa yang menjadi admin. Admin adalah orang yang membuat group WA tersebut atau dia yang sudah dijadikan admin oleh admin sebelumnya.

Di samping informasi soal anggota Group WA, ada juga deskripsi grup yang bisa menjawab kapan Group WA tersebut dibuat dan siapa yang menjadi ide di baliknya. Deskripsi Group WA ada di atas tampilan 'media, links and docs'.



Simak Video "Sambo ke Anak Buah Soal CCTV: Kalau Ada Bocor dari Kalian Berempat!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT