Arti Nama Microsoft dan Sejarahnya, Wajib Tahu!

Arti Nama Microsoft dan Sejarahnya, Wajib Tahu!

ADVERTISEMENT

Arti Nama Microsoft dan Sejarahnya, Wajib Tahu!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 04 Nov 2022 18:15 WIB
Kantor Microsoft Redmond
Apa arti nama Microsoft? Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta -

Microsoft akrab bagi banyak orang, sebagai sistem operasi komputer yang paling banyak dipakai. Akan tetapi, sudahkan mengetahui arti nama Microsoft berikut sejarahnya?

Jadi pada tahun 1970-an, saat Microsoft belum ada, dua pendirinya yaitu Bill Gates dan sahabatnya Paul Allen, sudah sibuk merintisnya. Nah, mereka mengembangkan apa yang disebut sebagai microcomputer atau microprocessor dan software.

Begitulah, dua awalan dari bidang yang mereka geluti itu digabungkan dan jadilah nama Microsoft. Seperti dikutip detikINET dari Windows Central, Jumat (4/11/2022) Paul Allen yang pertama kali memunculkan ide nama tersebut.

"Ketika kami menandatangani kontrak pertama, kami menyebut diri kami sebagai Paul Allen dan Bill Gates berbisnis sebagai Micro-Soft," kata Bill Gates dalam sebuah wawancara dengan majalah Forbes.

Dalam wawancara yang sama, Paul Allen mengisahkan sejarah singkatnya. "Kami saat itu membicarakan banyak nama yang berbeda dan pada suatu titik aku berkata well, jelas bahwa namanya akan menjadi Microsoft," cetus Paul.

"Kami juga menyebut nama-nama seperti Outcorporated Inc dan Unlimited Inc, tapi waktu itu hanya bercanda. Kami juga banyak bicara tentang apa harus menyebutnya Allen & Gates, tapi memutuskan itu bukan ide bagus," timpal Bill Gates.

"Ya karena perusahaan seperti DEC dan IBM tidak dinamakan seperti orang, mereka akan punya umur panjang dan identitas di luar para pendirinya," balas Allen.

"Dan itu (Allen & Gates-red) terasa seperti sebuah perusahaan hukum atau perusahaan konsultasi. Jadi kami memilih Microsoft bahkan sebelum kami punya sebuah perusahaan untuk dinamai," pungkas Bill Gates. Jadi itulah arti nama Microsoft dan asal usulnya.



Simak Video "Rencana Microsoft PHK 10 Ribu Karyawan Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT