Gercepnya SOS Alert yang Muncul Saat Cari 'Itaewon' di Google

Gercepnya SOS Alert yang Muncul Saat Cari 'Itaewon' di Google

ADVERTISEMENT

Gercepnya SOS Alert yang Muncul Saat Cari 'Itaewon' di Google

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 30 Okt 2022 16:39 WIB
Gercepnya SOS Alert yang Muncul Saat Cari Itaewon di Google
Ketika mencari 'Itaewon' di Google, muncul SOS Alert. Sebenarnya apa arti dari SOS Alerts yang ditampilkan Google? Foto: Screenshot Google Search
Jakarta -

Pencarian soal Tragedi Itaewon sedang naik, sebab pesta Halloween yang tadinya semarak berakhir jadi marabahaya. Suasana berdesak-desakan dari 100 ribu massa di jalan Itaewon membuat 151 jiwa harus terenggut nyawanya.

Ketika mencari 'Itaewon' di Google, Google ternyata menampilkan 'SOS Alerts' atau 'Peringatan Bahaya'. Sebenarnya apa arti dari SOS Alerts yang ditampilkan Google?

"Peringatan SOS bertujuan untuk membuat informasi darurat lebih mudah diakses selama krisis. Kami menyatukan konten yang relevan dan otoritatif dari web, media sosial, dan produk Google, lalu menyoroti informasi tersebut di produk Google seperti Search dan Maps," tulis Google di halaman resminya.

Bergantung pada sifat krisis dan lokasi, pengguna Google akan melihat pembaruan dari otoritas lokal, nasional, atau internasional. Pembaruan ini dapat mencakup nomor telepon darurat dan situs web, peta, terjemahan informasi yang berguna, hingga donasi.

Bagaimana cara Google memutuskan kapan harus menampilkan peringatan SOS?

"Kami melihat sejumlah faktor, seperti konektivitas internet di daerah yang terkena dampak, ketersediaan konten resmi dari pemerintah dan organisasi otoritatif lainnya, dan dampaknya di lapangan. Peringatan SOS biasanya tersedia dalam bahasa utama di area yang terpengaruh, serta Bahasa Inggris," ujar Google. Meskipun begitu, Google tidak dapat menjamin bahwa pengguna akan melihat peringatan SOS untuk setiap krisis besar.

Dari mana Google mendapatkan informasi untuk peringatan SOS?

Google menegaskan bahwa mereka memiliki tim di seluruh dunia yang mengambil informasi dari lembaga pemerintah, responden pertama, outlet media tepercaya, dan LSM. Google juga mengumpulkan informasi dari produk dan layanan Google lainnya, seperti Google News, Google Maps, Waze, dan lainnya.

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan peringatan SOS?

"Jika Anda berada di dekat krisis besar dan Anda menelusuri kata atau frasa terkait di Google, Anda mungkin melihat spanduk yang menunjukkan bahwa ada krisis yang sedang berlangsung, diikuti oleh informasi darurat dan sumber daya seperti terjemahan yang berguna atau nomor telepon," terang Google.

"Jika Anda telah menginstal versi terbaru Google app (Android dan iOS) dan lokasi Anda diaktifkan, Anda mungkin juga menerima pemberitahuan di layar utama perangkat seluler Anda. Ketuk notifikasi untuk melihat notifikasi lengkap di Google Search," tandasnya.



Simak Video "Duka Warga Korsel Atas Tragedi Halloween Itaewon"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT