Wow! Bill Gates Sumbang Rp 18 Triliun Untuk Musnahkan Polio

Wow! Bill Gates Sumbang Rp 18 Triliun Untuk Musnahkan Polio

ADVERTISEMENT

Wow! Bill Gates Sumbang Rp 18 Triliun Untuk Musnahkan Polio

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 17 Okt 2022 19:15 WIB
Bill Gates
Foto: AFP via Getty Images/MANDEL NGAN
Jakarta -

Yayasan kemanusiaan terbesar di dunia yang dikelola Bill Gates, Bill & Melinda Gates Foundation kembali mengucurkan dana besar untuk amal. Mereka berkomitmen menggelontorkan uang senilai USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 18 triliun dalam rangka memberantas polio secara global.

Seperti dikutip detikINET dari Associated Press, uang itu akan digunakan untuk mengimplementasikan strategi Global Polio Eradication Initiative sampai tahun 2026. Misinya adalah mengakhiri polio di Pakistan dan Afghanistan, dua negara terakhir di mana polio masih jadi endemi.

Selain itu, uang tersebut bakal dipakai untuk menghentikan wabah dari varian baru virus polio. Sejauh ini, yayasan Bill Gates total telah menyumbangkan sekitar USD 5 miliar untuk memusnahkan polio.

"Langkah terakhir untuk memberantas polio adalah yang terberat. Namun yayasan kami tetap berdedikasi untuk masa depan bebas polio dan kami optimistis akan menyaksikannya segera," cetus Mark Suzman, CEO yayasan Bill Gates.

Terjadi dua kasus polio d Afghanistan tahun ini di mana negara itu sempat kekurangan akses pada vaksin karena kekerasan dan Taliban melarang tim kesehatan polio di areanya. Namun saat ini, Taliban sudah mengizinkan pekerja kesehatan memberantas polio.

Adapun di Pakistan, kaum militan sering mengincar pekerja kesehatan dan polisi yang melindungi mereka karena menilai vaksin adalah untuk menekan populasi. Belum lagi tahun ini, Pakistan dilanda banjir besar yang banyak merusak infrastruktur.

Sebenarnya, dana miliaran dolar sudah dikeluarkan untuk memberantas polio sejak tahun 1988, dengan anggaran sekitar USD 1 miliar per tahun. Akan tetapi WHO dan para mitranya belum juga dapat mengakhiri penyakit tersebut sehingga kadang menuai kritikan.



Simak Video "Bill Gates Pilih Android Daripada iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT