Aktivis India Kecam Bill Gates: Dia Tidak Ciptakan Apa-apa

Aktivis India Kecam Bill Gates: Dia Tidak Ciptakan Apa-apa

ADVERTISEMENT

Aktivis India Kecam Bill Gates: Dia Tidak Ciptakan Apa-apa

Tim - detikInet
Sabtu, 15 Okt 2022 19:05 WIB
Bill Gates
Aktivis India Kecam Bill Gates: Dia Tidak Menciptakan Apa-apa Foto: Getty Images
Jakarta -

Vandana Shiva, seorang aktivis lingkungan dari India, tiba-tiba viral di TikTok lewat videonya yang berisi kritikan keras terhadap Bill Gates. Dalam video itu, Shiva mengomentari kontribusi Gates di Microsoft sampai kegiatan amalnya.

Video yang diunggah oleh akun @vandanashivamovie itu memperlihatkan Shiva yang sedang diwawancarai di program Democracy Now. Video itu sudah ditonton lebih dari 4,7 juta kali dan mendapatkan lebih dari 270 ribu likes.

Dalam video tersebut, Shiva ditanya pendapatnya tentang bagaimana Bill Gates bisa berpengaruh seperti sekarang. Shiva menjawab Bill Gates bisa berkuasa seperti sekarang bukan karena ia dulunya merupakan kreator yang ulung.

"Bill Gates tidak menciptakan apa-apa. Program BASIC dibuat oleh beberapa dosen matematika di universitas," kata Shiva dalam cuplikan video tersebut.

"Sistem operasi Office diciptakan oleh software engineer yang ia beli seharga USD 50.000. Ia menciptakan kerjaan dengan membuat paten untuk software," sambungnya.

Shiva menambahkan, setelah Gates jadi kaya raya ia menggunakan pengaruhnya untuk menggantikan transaksi konvensional dengan pembayaran digital, yang ujung-ujungnya akan semakin memperkaya pendiri Microsoft itu.

"Dia jadi satu-satunya mendapat keuntungan karena semua software, untuk semua ekoonomi digital, dia mengumpulkan uang sewa dan royalti dari situ," ujar Shiva.

Di akhir videonya, Shiva kemudian mengomentari Gates yang beralih ke dunia filantropi setelah pensiun dari Microsoft. Meski banyak dipuji publik setelah menyumbangkan miliaran dolar lewat Bill and Melinda Gates Foundation, Shiva mengatakan Bill Gates punya tujuannya sendiri di balik donasi tersebut.

"Saya memiliki analisis di buku. Semua tempat yang ia beri sumbangan adalah pasar baginya di masa depan," pungkasnya.

@vandanashivamovie #philanthrocapitalism is just #neoliberalism ♬ original sound - The Seeds of Vandana Shiva



Simak Video "Bill Gates Pilih Android Daripada iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT