Farel Prayoga VS Rasa Kepo Netizen Indonesia

Farel Prayoga VS Rasa Kepo Netizen Indonesia

ADVERTISEMENT

Round Up

Farel Prayoga VS Rasa Kepo Netizen Indonesia

Tim - detikInet
Rabu, 12 Okt 2022 07:58 WIB
Farel Prayoga
Farel Prayoga VS Rasa Kepo Netizen Indonesia (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Jakarta -

Penyanyi cilik Farel Prayoga jadi buah bibir. Netizen Indonesia kalau sudah urusan agama, rasa penasarannya membumbung tinggi.

Farel sampai mengejutkan masyarakat dua kali, membuat mereka merasa pelantun Ojo Dibandingke ini non muslim. Kemudian kejutan selanjutnya adalah ada video Farel sholat.

Agama memang urusan privasi, namun sulit mengerem reaksi netizen Indonesia di media sosial. Sampai Google pun mendata pencarian tertinggi soal Farel adalah menanyakan agamanya.

Inilah rangkuman keriuhan lini masa dan internet terkait Farel, dihimpun Selasa (12/10/2022):

1. Netizen Indonesia dikecoh Farel Prayoga dua kali

Awal kehebohan ini adalah ketika Farel Prayoga yang tampil bersama Gus Miftah di Banyuwangi, Jawa Timur, ditanya soal agamanya. Tak mau menjawab pertanyaan Gus Miftah, Farel mengatakan bahwa agama merupakan ranah privasi.

"Enggak lah, privasi," ungkap Farel.

Jawabannya tersebut membuatnya jadi trending topic Twitter dan menuai pujian dari banyak orang. Dari jawaban Farel kepada Gus Miftah, netizen langsung beranggapan kalau Farel adalah non muslim. Banyak tweet seolah mengabarkan kalau Farel bukan muslim.

Seperti biasa, banyak netizen mendadak pakar saling berbalas tweet menganalisa kenapa Farel bilang agama adalah urusan privasi. Ada netizen berpendapat, Farel tidak mau kehilangan fans. Ada lagi yang nyinyir kalau Farel sengaja pakai isu agama untuk mendongkrak popularitas.

Usai analisa netizen yang berbusa-busa, di TikTok beredarlah video Farel sedang iqomah dan sholat. Kecele lagi deh warga +62. Video ini kemudian viral lagi.

Pendamping Farel yaitu Zidni Ilman Nafia akhirnya mengungkapkan Farel adalah Muslim bukan non muslim seperti dugaan orang. Namun dia sekali lagi mengingatkan bahwa ini adalah privasi Farel.

2. Gus Miftah klarifikasi

Seperti diketahui sebelumnya, Gus Miftah sudah memberikan klarifikasi usai polemik menanyakan agama Farel Prayoga dan dijawab sebagai ranah privat sang penyanyi. Gus Miftah membantah melakukan intervensi agama.

"Saya sampaikan ke Farel, 'Farel apapun agamamu tolong yang taat, taatlah terhadap agamamu, jadi hamba yang taat. Kamu sudah terkenal, maka kamu harus banyak berterima kasih dan bersyukur pada Tuhan.' Jadi kejadian seperti itu, bukan saya intervensi agamanya Farel," tegas Gus Miftah kepada detikcom.

Klarifikasi ini juga tampil lewat akun Pengajian Gus Miftah @pgmoraaji.

"Justru saya mendorong Farel jadi hamba yang taat apapun agamanya," kata Gus Miftah.

3. Google ungkap netizen RI paling kepo agama Farel

Warga +62 terbukti memang kepo soal agama penyanyi cilik Farel Prayoga. Sehingga Google Suggest pun menyarankan pencarian terkait agama Farel.

Situs pencarian Google memiliki fitur Google Suggest sejak 2008. Ini adalah sistem pencarian autocomplete dalam search engine Google. Makin sering kata/istilah/frase itu dicari orang di Google, maka Google akan menyarankannya kepada pengguna lain.

Kalau mengetik kata Farel Prayoga di Google Search, saran yang disampaikan paling atas oleh Google adalah 'farel prayoga agama' diikuti 'farel prayoga ojo mbandingke'. Artinya netizen Indonesia paling banyak mencari tahu soal agama Farel dan lagu terkenalnya.

Selain itu, Google menyarankan 'farel prayoga ojo dibandingke lirik', 'farel prayoga non muslim' dan 'farel prayoga joko tingkir lirik'. Sesuai dengan penjelasan Google soal Google Suggest, rupanya para netizen paling banyak mencari tahu soal agama Farel, selain 2 lagunya yang paling hits yaitu Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir.

[Gambas:Youtube]



(fay/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT