Masih Trending, Warga Twitterland Galau Usai NasDem Usung Anies

Masih Trending, Warga Twitterland Galau Usai NasDem Usung Anies

ADVERTISEMENT

Round Up

Masih Trending, Warga Twitterland Galau Usai NasDem Usung Anies

Tim - detikInet
Rabu, 05 Okt 2022 08:15 WIB
Partai NasDem resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai capres untuk Pemilu 2024. Keputisan itu disampaikan Ketum NasDem Surya Paloh.
Warga Twitterland Galau Usai NasDem Usung Anies (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Sudah tiga hari Nasdem bercokol di trending topic Twitter Indonesia. Tak ada habisnya netizen membahas Partai NasDem mencapreskan Anies Baswedan.

Hingga pagi ini, sudah ada 115 ribu tweet soal NasDem. Dihimpun detikINET, Rabu (5/10/2022) inilah perkembangan reaksi netizen Indonesia di lini masa Twitter.

1. NasDem usung Anies bikin kaget dan bingung

Masyarakat disuguhi drama elit politik yang mengagetkan ketika Partai NasDem mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Selama ini NasDem dan Anies seperti dalam posisi berseberangan.

NasDem ada di barisan pendukung pemerintahan Jokowi. Sementara Anies didukung kelompok oposisi. Ketika mereka bersatu, masyarakat jadi bingung.

Netizen banyak posting foto atau video lama dari Rizieq Shihab yang pidato anti NasDem. Ada juga video reporter MetroTV, stasiun TV milik Surya Paloh, sedang di-bully massa aksi 212. Hal itu untuk menunjukan kontradiksi antara masa lalu dan masa kini.

Tapi para tokoh politik tampaknya tidak bingung, mereka posisinya antara mendukung dan menolak. Masyarakatlah yang dipaksa maklum kalau politik itu kawan bisa jadi lawan. Inilah beberapa suaranya:

"@PKSejahtera Partai Keadilan Sejahtera mengucapkan selamat kepada Partai @NasDem yang telah memutuskan untuk mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan sebagai Bakal Calon Presiden Republik Indonesia," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu di akun @syaikhu_ahmad.

"Nasdem dulu penentang Anies kini pendukung Anies. Kita kita kita. Politik oh politik," kata @chepp***.

"Yang dulu #lawan kini menjadi #kawan, begitulah jalan politikus oportunis. Demi meraih kekuasaan mrk akan lakukan apapun," kritik @parodi_k***.

2. Aksi follow dan unfollow Twitter NasDem

Usai pengumuman Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan, akun Twitter NasDem kebanjiran reaksi netizen Indonesia. Ada aksi follow dan unfollow.

Akun resmi Partai Nasdem terpantau pagi ini punya 121 ribu follower dan 805 following. Jumlah follower sudah bertambah 4.000-an sejak kemarin yang ada di angka 117.600.

Artinya, dari aksi follow dan unfollow ini, lebih banyak follower baru untuk NasDem. Memang, ajakan unfollow ini muncul dari pihak yang kecewa karena NasDem mengusung Anies. Hal ini termasuk mundurnya beberapa kader NasDem seperti Niluh Djelantik, lalu diikuti tweet pegiat medsos.

"Maaf, @NasDem.. Saya unfollow ya. 🤗🤗," kata pegiat medsos Denny Siregar di akunnya @Dennysiregar7.

Sisi lainnya, para tokoh yang dekat dengan kelompok oposisi, kini menjadi follower baru NasDem. Mereka diikuti netizen lainnya.

"Congrats. Mimin followersnya pasti nambah banyak now," kata pegiat medsos Zara Zettira di akun @Zarazettirazr.

"Iyo uni.. awak lah jadi follower baru nasdem🤣," kata @SadriWen*** membalas Zara Zettira.



Simak Video "Setengah Jam Pertemuan Anies-Surya Paloh Langsung Jadi Capres"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT