Baim Wong, Ini Pesan Pengamat Cara Bikin Konten Viral Tapi Tetap Aman

ADVERTISEMENT

Baim Wong, Ini Pesan Pengamat Cara Bikin Konten Viral Tapi Tetap Aman

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 04 Okt 2022 09:30 WIB
Baim Wong soal Citayam Fashion Week
Baim Wong, Ini Pesan Pengamat Cara Bikin Konten Viral Tapi Tetap Aman. Foto: Ahsan/detikHOT
Jakarta -

Baim Wong viral setelah membuat konten KDRT palsu, bahkan ia sampai datang ke kantor polisi bersama sang istri, Paula Verhoeven. Tak hanya netizen, pengamat pun ikut perihatin dengan isu ini. Salah satunya Hariqo Wibawa Satria dari Komunikonten yang memberikan pesan cara membuat konten tapi tetap di jalur yang tepat.

Menurut Hariqo, dalam membuat konten meski nebeng isu yang sedang viral bisa saja dilakukan. Kendati demikian, ada hal-hal yang perlu dipastikan. Pertama adalah peka terhadap suasana yang ada.

"BBM lagi naik, orang lagi susah, ada isu KDRT, jangan malah buat arus baru yang tidak disukai masyarakat. Ada konten yang bisa lebih baik misalnya mengundang korban KDRT, kemudian diwawancarai. Tidak harus prank," kata Hariqo kepada detikINET, Selasa (4/10/2022).

Lebih lanjut, ia menganjurkan Baim untuk berkonsultasi dengan orang yang lebih mengerti soal isu-isu yang sedang panas ini sehingga ada 'rem' yang bisa mengontrol kontennya tetap pada jalur yang tepat.

"Harus ada tim yang paham dan berani menegur dia, 'ini nggak boleh, Baim. Jadi dalam situasi begini ada yang bisa ngerem dia, ujarnya.

Terlepas dari isu ini, membuat prank sebagai konten pun sebenarnya bisa dilakukan dengan aman. Menurutnya, tidak ada prank yang benar-benar murni tanpa settingan. Harus ada alur yang dibuat karna prank sebenarnya adalah tipe konten yang berbahaya.

Prank bisa membuat orang yang menerimanya syok atau ketakutan jika tidak dilakukan tanpa persetujuan. Belum lagi ancaman hukuman yang bisa mengancam jika orang yang dikerjai tidak terima dan melaporkan ke kepolisian.

"Harus ada persetujuan, itu semua urusan di balik layar, lah. Kalau main langsung, apalagi di era sekarang, kalau tidak terima orang yang di-prank bisa melaporkan perbuatan tidak menyenangkan, maka harus hati-hati betul," pungkas Hariqo.

Simak Video 'Konten Prank KDRT Baim Wong-Paula yang Berujung Permintaan Maaf':

[Gambas:Video 20detik]




(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT