Tragedi Kanjuruhan Duka Dunia, Dari FIFA Sampai Bjorka

Tragedi Kanjuruhan Duka Dunia, Dari FIFA Sampai Bjorka

ADVERTISEMENT

Round Up

Tragedi Kanjuruhan Duka Dunia, Dari FIFA Sampai Bjorka

Tim - detikInet
Senin, 03 Okt 2022 07:20 WIB
Para suporter sepakbola di Bandar Lampung menyalakan lilin disekitar spanduk bertuliskan
Para suporter sepakbola di Bandar Lampung menyalakan lilin disekitar spanduk bertuliskan
Jakarta -

125 Orang tewas dalam Tragedi Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya. Tragedi ini jadi duka dunia dari FIFA sampai hacker Bjorka.

Inilah rangkaian perkembangan Tragedi Kanjuruhan disikapi netizen dunia dari sisi media sosial seperti dihimpun detikINET, Senin (3/10/2022).

1. #PrayForKanjuruhan ekspresi duka netizen

Tragedi Kanjuruhan menjadi kabar sedih untuk masyarakat Indonesia. #PrayForKanjuruhan menjadi puncak trending topic Twitter dengan 157 ribu tweet.

Ada pula FIFA dengan 297 ribu tweet, PSSI 197 ribu tweet, Arema 278 ribu tweet, Indonesia 813 ribu tweet, Mundur 87,9 ribu tweet, dan Polisi 237 ribu tweet. Hati masyarakat hancur dengan kejadian ini.

Mereka menyerbu akun medsos FIFA dan PSSI. Netizen berharap korban tragedi Kanjuruhan tidak bertambah lagi.

Banyak yang emosional seperti meminta sepakbola dibubarkan. Banyak pula netizen yang hadir di lokasi kejadian menceritakan kejadian seram itu di Twitter.

2. Jadi duka dunia dari FIFA sampai klub raksasa

Gianni Infantino selaku Presiden FIFA dalam situs resminya menyampaikan duka cita dan belasungkawa atas insiden maut tersebut. Dia mengaku terpukul saat mendengar tragedi di dunia sepak bola yang menelan banyak korban jiwa.

"Ini adalah hari yang gelap bagi semua yang terlibat dalam sepak bola dan sebuah tragedi memilukan," ujarnya.

Gianni menyebut Tragedi Kanjuruhan ini merupakan insiden tragis. Dia kemudian menyampaikan belasungkawa atas kerusuhan maut yang terjadi saat usai laga Arema FC Vs Persebaya tersebut.

Sebagai bentuk duka cita, para klub sepak bola Indonesia serempak merubah logo medsos milik mereka menjadi dasarnya warna hitam. Seperti terlihat akun Instagram tim di Liga 1 yang gelap semua, begitu juga tim sepak bola Liga 2 ataupun Liga 3.

Ucapan duka cita juga mengalir dari klub-klub sepakbola besar di Eropa. Manchester United, Arsenal, Man City dan Liverpool misalnya menyampaikan duka cita mewakili Liga Inggris. Dari Liga Spanyol ada Barcelona menyampaikan duka cita. Sementara Liga Spanyol dan Liga Belanda juga mengheningkan cipta untuk pekan 7 dan 8.

3. Gas air mata jadi kritikan warganet

Selain berduka cita, netizen mempertanyakan penggunaan gas air mata yang dilakukan polisi saat membubarkan massa suporter Arema FC. Saat Arema FC kalah dari Persebaya 2-3, suporter merangsek masuk ke lapangan.

Aparat keamanan yang berada di dalam Stadion Kanjuruhan langsung berupaya membubarkan massa, salah satunya dengan menggunakan gas air mata. Hanya saja penggunaan gas air mata tersebut dipertanyakan netizen, mengingat itu dilarang dalam aturan FIFA.

Encyclopedia Britannica dalam situsnya menyebut gas air mata atau lacrimator merupakan kelompok zat yang bisa mengiritasi selaput lendir mata. Dua gas air mata yang paling sering digunakan adalah ω-chloroacetophenone, atau CN, dan o-chlorobenzylidenemalononitrile, atau CS.

Efek gas air mata bersifat sementara dan reversibel dalam banyak kasus. Masker gas dengan filter arang aktif memberikan perlindungan dari gas air mata.

Halaman selanjutnya: Kenapa suporter tersulut dan Bjorka doxing Menpora >>>



Simak Video "Komnas HAM Serahkan Laporan Investigasi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT