Jangan Salah! Ini Arti Emoji Kepala Batu yang Viral

Jangan Salah! Ini Arti Emoji Kepala Batu yang Viral

ADVERTISEMENT

Jangan Salah! Ini Arti Emoji Kepala Batu yang Viral

Dhea Alvionita - detikInet
Kamis, 29 Sep 2022 10:45 WIB
Jakarta -

Pernah gunakan emoji kepala batu? Emoji kepala batu cukup sering kita jumpai bahkan hingga membanjiri kolom komentar di berbagai platform media sosial. Namun, apakah kalian tahu artinya?

Emoji adalah sebuah simbol yang biasa digunakan seseorang untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia seperti sedih, marah, tertawa, tersenyum, dan sebagainya.

Pada era digital ini, jutaan orang pasti saling melakukan komunikasi. Sehingga, emoji menempati peran penting dalam komunikasi daring karena bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi yang efektif untuk menginterpretasikan sebuah pesan.


Emoji kepala batu diukir menyerupai kepala manusia lengkap dengan dahi dan hidung yang menonjol. Emoji kepala batu ini juga dengan diilustrasikan berwarna abu-abu atau coklat.

Arti Emoji Kepala Batu

DetikINET telah mengutip dari laman resmi emoji guide, emot kepala batu sendiri menggambarkan sebuah patung moai raksasa sosok manusia yang ada di Pulau Paskah. Wajah datar pada emot kepala batu ini diartikan sebagai ekspresi tabah, konyol, muka datar, dan masih banyak lagi. Emoji kepala batu juga menjadi referensi ke patung bernama Moyai yang berada di dekat stasiun Shibuya, Tokyo.

Patung Moai di Pulau PaskahPatung Moai di Pulau Paskah. Foto: (iStock)



Moai merupakan emoji yang telah disetujui sebagai standar Unicode 6.0 pada tahun 2010. Munculnya emot kepala batu yang sering digunakan para penghuni dunia maya tersebut viral ketika ada suatu video jokes (lelucon) dinilai kurang lucu di media sosial seperti Instagram. TikTok, Facebook, hingga Twitter.

Ada pula warganet yang menganggap bahwa emoji kepala batu ini sebagai seorang yang tampan dan pemberani. Tetapi, tidak ada aturan khusus mengenai penggunaan dan pemaknaan dari emoji kepala batu ini. Setiap orang bebas untuk menggunakan emoji ini untuk mengekspresikan hal apapun.

Dalam penggunaannya, bentuk emoji kepala batu di masing-masing platform berbeda-beda jika ditinjau dari segi bentuk dan warnanya.Bahkan, perbedaannya juga terletak dari posisi menghadap wajahnya.

Emot kepala batu yang menghadap ke arah kanan biasanya ada di Whatsapp dan Messenger. Sedangkan emot batu yang menghadap ke arah kiri biasanya ada di platform Apple, Samsung, Facebook, Google, dan Mozilla. Sementara emoji yang menghadap ke depan biasanya ada di Twitter.

Untuk penamaan di masing-masing platform, biasanya juga berbeda-beda. Nama emoji kepala batu ini diantaranya adalah Human Rock Carving, Moai, Moyai Statue, dan Easter Island.

(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT