Pengguna YouTube Protes Dipaksa Nonton 10 Iklan Sebelum Video Mulai

ADVERTISEMENT

Pengguna YouTube Protes Dipaksa Nonton 10 Iklan Sebelum Video Mulai

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 19 Sep 2022 11:15 WIB
Ilustrasi Streaming YouTube
Pengguna YouTube Mengeluh Dipaksa Nonton 10 Iklan Sebelum Video Mulai Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pengguna YouTube gratisan memang harus betah melihat iklan saat menonton video. Tapi belakangan ini beberapa pengguna YouTube mengeluh karena dipaksa menonton 10 iklan yang tidak bisa di-skip.

Iklan di video YouTube biasanya muncul di awal video atau di tengah-tengah video jika diperbolehkan oleh kreatornya. Biasanya, YouTube hanya menampilkan 1-2 iklan dengan durasi beberapa detik, dan iklan yang durasinya panjang bisa di-skip setelah beberapa detik.

Tapi dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pengguna YouTube menemukan lebih banyak iklan di video dan durasinya lebih panjang, terutama iklan yang tidak bisa di-skip.

Beberapa pengguna YouTube menyampaikan keluhannya di Twitter dan Reddit. Salah satu pengguna Reddit bahkan menemukan 10 iklan berturut-turut yang tidak bisa di-skip.

Ada juga beberapa pengguna yang mengeluhkan melihat lima iklan berturut-turut sebelum video dimulai. Untungnya iklan yang berderet ini tidak muncul di semua pengguna YouTube, dan laporan dari pengguna yang menemukannya mengatakan durasi iklan yang tidak bisa di-skip hanya 5-6 detik.

Menanggapi keluhan pengguna yang makin vokal di media sosial, juru bicara YouTube mengatakan iklan yang lebih banyak ini merupakan eksperimen kecil yang sekarang sudah berakhir.

"Kami menjalankan eksperimen kecil secara global yang menyajikan beberapa iklan dalam sebuah ad pod ketika penonton menonton video yang lebih panjang di TV yang terhubung," kata juru bicara YouTube kepada 9to5Google, seperti dikutip detikINET, Minggu (18/9/2022).

"Tujuannya adalah untuk membangun pengalaman yang lebih baik lagi bagi penonton dengan mengurangi jeda iklan. Kami telah menyelesaikan percobaan kecil ini," sambungnya.

YouTube menambahkan 'ad pods' pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 dengan jumlah iklan yang lebih kecil. Ad pod diperkenalkan untuk menampilkan jumlah iklan yang dibutuhkan tanpa mengganggu video berdurasi panjang dengan jeda iklan di tengahnya.

Belum diketahui apakah format iklan yang lebih panjang akan hadir untuk semua pengguna YouTube gratisan. Jika ingin menonton video tanpa gangguan iklan, tersedia layanan YouTube Premium yang juga memberikan opsi download video, akses YouTube Music, dan lain-lain.



Simak Video "Daebak! BTS Jadi Artis Paling Banyak Ditonton di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT