Hoax! iPad Tidak Punya Mode Berkabung untuk Ratu Elizabeth II

ADVERTISEMENT

Hoax! iPad Tidak Punya Mode Berkabung untuk Ratu Elizabeth II

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Sep 2022 17:23 WIB
iPad Mini
Hoax! iPad Tidak Punya Mode Berkabung untuk Ratu Elizabeth II Foto: dok Apple
Jakarta -

Inggris Raya saat ini sedang dalam masa berkabung setelah berpulangnya Ratu Elizabeth II. Momen ini dimanfaatkan beberapa pengguna internet untuk menyebarkan hoax tentang iPad yang tidak bisa digunakan karena dalam mode berkabung.

Hoax ini ramai di Twitter setelah diunggah oleh pengguna dengan username @Basti564. Dalam cuitannya, @Basti564 mengatakan iPad yang menggunakan bahasa Inggris British akan memasuki mode berkabung sampai pemakaman Ratu Elizabeth II dan tidak akan bisa digunakan.

"Peringatan, JANGAN ganti bahasa iPad menjadi British English atau (iPad) akan masuk ke mode berkabung selama beberapa hari ke depan," kata @Basti564 dalam cuitannya, seperti dikutip dari Cnet, Jumat (16/9/2022).

Dalam cuitannya, @Basti564 juga menyertakan gambar sebuah iPad yang menunjukkan foto Ratu Elizabeth II sedang tersenyum. Di bawah itu terdapat tulisan, "iPad ini tidak tersedia selama Periode Berkabung Kerajaan dan akan berlanjut hingga Senin 19 September."

Apple tidak berkomentar saat dimintai keterangannya oleh Cnet. Tapi jurnalis Cnet dan Associated Press membuktikan pesan tersebut tidak muncul saat bahasa di iPhone dan iPad diubah ke British English.

Banyak netizen yang langsung mengenali bahwa peringatan tersebut tidak benar. Tapi tidak sedikit juga yang langsung mempercayainya dan ikut menyebarkannya secara lebih luas.

Selain iPad, hoax ini juga menyerang game Roblox. Hoax yang menargetkan Roblox di Twitter menunjukkan foto Ratu Elizabeth II dengan tulisan ''Disconnected' dan klaim bahwa game itu tidak bisa dimainkan hingga 19 September.

Juru bicara Roblox William Neuvis membantah misinformasi tersebut dan mengatakan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II tidak mempengaruhi game Roblox di mana pun.

Hoax serupa juga menargetkan perangkat Nintendo. Saat dibagikan di Facebook, hoax tersebut diberikan label 'informasi palsu' dan juru bicara Nintendo juga sudah membantahnya.



Simak Video "Deretan Pemimpin Dunia yang Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT