Misteri Gambar Manusia Raksasa Terlihat dari Angkasa

ADVERTISEMENT

Misteri Gambar Manusia Raksasa Terlihat dari Angkasa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 08 Sep 2022 07:45 WIB
Manusia raksasa maree man
Misteri Gambar Manusia Raksasa Terlihat dari Angkasa. Foto: Daily Mail
Jakarta -

Di Australia, terdapat geoglyph modern yang misterius berupa gambar manusia raksasa. Letaknya di dekat kota Maree sehingga julukannya adalah Maree Man, berupa sosok orang asli Australia atau suku aborigin tampak sedang berburu dengan semacam bumerang di tangannya.

Tinggi sosok itu mencapai 2,7 kilometer dan menjadi salah satu geoglyph terbesar di dunia. Dalamnya sekitar 35 centimeter ke bawah gurun. Geoglyph sendiri adalah desain atau motif, biasanya lebih panjang dari 4 kilometer, yang dibuat di permukaan tanah.

Saking besarnya, gambar manusia raksasa ini dapat dilihat pula dari luar angkasa. Satelit Landsat 8 milik NASA pernah mengabadikannya di tahun 2020 yang lalu.

Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, pada tahun 2018, seorang pebisnis setempat bernama Dick Smith pernah menawarkan uang USD 5.000 bagi siapa pun yang bisa mencari siapa yang membuat gambar itu. Akan tetapi sejauh ini, belum juga ditemukan siapa penciptanya.

Adapun penemu pertamanya adalah pria bernama Trech Smith, yang melihatnya dengan pesawat di 1998. "Sungguh gambar geoglyph yang besar dan sangat dalam. Kupikir saat itu, semua orang pasti tahu. Tapi tidak ada yang tahu apapun tentangnya," kata dia.

Lalu bagaimana teori yang berkembang? Dua seniman lokal diduga sebagai pembuat gambar manusia raksasa itu. Pertama adalah Robin Cooke yang membuat Maree's Mutonia Sculptur Park, tapi dia telah membantahnya.

Kedua adalah seniman bernama Bardius Goldgberg, namun ia sudah meninggal. Konon, dia pernah membuat pengakuan bahwa dialah pembuat geoglyph tersebut. Akan tetapi belum ada bukti sahihnya. Masalahnya, pembuatan gambar seperti itu tentu sangat rumit.



Simak Video "Greencabs, Moda Transportasi Seperti Becak di Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT