Rabu, 20 Nov 2019 14:18 WIB

Makin Misterius, Gambar Raksasa Kuno Kembali Ditemukan di Peru

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Gambar manusia aneh. Foto: Live Science Gambar manusia aneh. Foto: Live Science
Jakarta - Nazca Lines adalah geoglyph, yakni suatu motif tertentu peninggalan manusia zaman dulu di suatu lanskap alam, yang banyak terdapat di daerah Nazca Pampa, Peru. Kini, penelitian terbaru mengungkap masih ada banyak geoglyph di sana dengan beragam bentuk.

Dikutip detikNET dari Fox News, lebih dari 142 gambar baru ditemukan oleh periset dari Yamagata University, Jepang. Sejak tahun 2006, profesor Masao Sakai dan timnya mempelajari Nazca Lines dan sejak itu menemukan lebih banyak pola dari zaman kuno itu.

Menemukan gambar baru sebenarnya sulit lantaran kondisinya sudah dimakan waktu. Maka, tim Sakai menggunakan kecerdasan buatan dari IBM Watson Machine Learning Accelerator. Awalnya, mereka menunjukkan gambar geoglyph yang sudah ada ke sistem AI sehingga mereka bisa mempelajari polanya.


AI kemudian menganalisis banyak data dari satelit ataupun udara serta data laser dari sistem LIDAR (Light Detection and Ranging) untuk menemukan gambar yang baru. Pola yang kabur kemudian diperjelas untuk mengetahui bentuk aslinya.

Gambar tersebut diduga berasal antara tahun 100 sebelum masehi dan 100 setelah masehi. Ada pula yang berasal antara tahun 100 sampai 300 masehi.

Salah satu yang menarik perhatian adalah gambar seperti manusia, namun kepalanya aneh berbentuk segi empat, memegang tongkat dan mengenakan semacam hiasan di atas. Panjangnya 4 meter dan lebarnya 2 meter.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fay)