Protes Kenaikan Harga BBM di Twitter: Jangan Bebankan Rakyat!

Protes Kenaikan Harga BBM di Twitter: Jangan Bebankan Rakyat!

ADVERTISEMENT

Protes Kenaikan Harga BBM di Twitter: Jangan Bebankan Rakyat!

Tim - detikInet
Senin, 05 Sep 2022 17:19 WIB
Suasana demonstrasi protes kenaikan BBM di Patung Kuda, Jakpus, Senin (5/9/2022)-(Rizky-detikcom)
Suasana demonstrasi protes kenaikan BBM di Patung Kuda, Jakpus, Senin (5/9/2022)-(Rizky-detikcom)
Jakarta -

Unjuk rasa memprotes kenaikan harga BBM berlangsung di sejumlah daerah. Protes masyarakat ini juga mengalir di dunia maya.

Aksi untuk rasa menolak kenaikan harga BBM berlangsung Senin (5/9/2022). Aksi terjadi di Jakarta, Makassar, Tasikmalaya, Bondowoso, Kendari, Banten, Palembang, Banda Aceh, sampai Mataram.

Para peserta aksi mulai dari mahasiswa, buruh sampai dengan para driver ojek online. Namun rupanya tidak hanya itu saja, protes juga menyebar di lini masa Twitter.

Tagar #DukungSeptemberBergerak menjadi trending topic di Twitter sore ini. Ini tampaknya menjadi tagar utama untuk reaksi netizen Indonesia memprotes menolak kenaikan harga BBM dengan 19.400 tweet.

Lalu ada lagi Pertamina dengan 30.200 tweet, RON 89 dengan 7.662 tweet, RON 90 dengan 7.935 tweet. Di Twitter, mereka yang memprotes kenaikan harga BBM ini mulai dari para pengamat dan tokoh seperti Rizal Ramli dan Said Didu, sampai masyarakat biasa.

Para tokoh menilai kenaikan harga BBM adalah imbas dari ketidakmampuan Pertamina mengatasi inefisiensi. Anggapan lainnya adalah dampak dari beban utang negara yang mengakibatkan subsidi dipangkas.

Sementara, masyarakat yang protes banyak mengajak untuk aksi unjuk rasa. Banyak juga protes untuk Pertamina dan pemerintah.

Inilah sejumlah suara tokoh dan netizen memprotes kenaikan harga BBM di Twitter:

"Batalkan kenaikan harga BBM. Kurangi Ineffisiensi Pertamina 20%. Bisa hemat 100 T. Kalau Komisaris dan Direksi tidak bisa, Ganti dong - repot amat 🙂. Jangan ketidak effisienan Pertamina di bebankan ke rakyat !" kata Rizal Ramli dengan akunnya @RamliRizal.

"Sulit dibantah bhw ketidakmampuan subsidi BBM karena hrs bayar utang sktr Rp 800-900 t (35-40 % penerimaan Negara).
2008 harga minyak dunia $ 140 (skrg sktr $ 90), tapi harga Premium Rp. 6.000 krn bayar utang hanya sktr Rp 100-130 t (10 - 13% penerimaan Negara) shg bisa subsidi," kata M Said Didu dengan akun @msaid_didu

"Ayo bersama #DukungSeptemberBergerak. Mengundang Semua elemen masyarakat yg peduli dan prihatin atas kenaikan BBM yg akan ber imbas pada kebutuhan pokok. Ayooo mahasiswa, kader2 partai pembela rakyat, dan ormas2 manapun bersama Kita turun ke jalan," ajak @edy_oben***.

"Maju semua, mogok kerja, jika tdk mau turunkan kembali milik rakyat, duduki pertamina #DukungSeptemberBergerak," kata @Ana***.

"Dah bubarin aja dah pertamina perusahaan rugi ratusan T tiap tahun ya?" kata @melayangdi***.

"Aturan yg dibuat oleh pemerintah adalah kalau harga minyak dunia naik, maka harga jual minyak pertamina naik. Demikian sebaliknya. Itu masuk akal untuk minyak impor. Faktanya, harga minyak dunia tlh mengalami tren penurunan sejak lama, tapi pemerintah malah menaikkan harga BBM," kata @Steward_***.



Simak Video "Sederet Hal Menarik dari Demo Tolak Harga BBM di Patung Kuda Kemarin"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT