Wow, Kampus di Indonesia Kini Punya Internet 100 Gbps, Wush!

Wow, Kampus di Indonesia Kini Punya Internet 100 Gbps, Wush!

ADVERTISEMENT

Wow, Kampus di Indonesia Kini Punya Internet 100 Gbps, Wush!

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 01 Sep 2022 20:35 WIB
Mou internet kecepatan 100 Gbps
Penandatanganan MoU internet 100 Gbps. Foto: Fino/detikinet
Nusa Dua -

Kampus-kampus di Indonesia kini dibekali jaringan internet kecepatan sangat tinggi, yaitu tembus 100 Gbps, yang dimanfaatkan khusus untuk penelitian dan pendidikan.

Itu karena di 31 Agustus 2022 ini, Arterial Research and Educational Network in the Asia Pacific (ARENA-PAC), Universitas Brawijaya (UB), dan Indonesia Research and Education Network (IDREN) menandatangani MoU kerjasama operasi dan pengembangan jaringan 100 Gbps itu untuk aktivitas riset dan pendidikan.

Penandatanganan MoU digelar di sela Digital Economy Ministers Meeting G20 di Bali, disaksikan Menkominfo Johnny G. Plate dan Menteri untuk Transformasi Digital Jepang Kono Taro. Hadir Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Prof Tjitjik Srie Tjahjandarie.

Jaringan 100 Gbps ARENA-PAC menghubungkan IDREN dengan UB sebagai gerbangnya, melalui Guam hingga Tokyo dan sejumlah lokasi lain. Ini merupakan lompatan besar bagi Indonesia, lantaran kecepatannya 100 kali lebih besar dibanding jaringan yang menyambungkan Indonesia ke jaringan riset global saat ini, dengan gerbang berlokasi di ITB.

Dengan jaringan ini, sekitar 82 universitas dan berbagai lembaga riset yang saat ini telah terhubung ke IDREN akan bisa bertukar data makin cepat dengan lembaga riset dan pendidikan lain di luar negeri. Kemudian juga memiliki fasilitas privat untuk bereksperimen dalam jaringan.

Kegiatan yang dilakukan di komunitas IDREN misalnya berbagi akses fasilitas komputasi berkinerja tinggi dan data yang terdistribusi antar kampus/lembaga riset melalui infrastruktur jaringan. Kemudian misalnya bisa menyiarkan langsung bedah dari ruang operasi ke dokter dan mahasiswa kedokteran menggunakan streaming video berdefinisi tinggi.

"Jalur 100 Gbps ini adalah seratus kali lebih cepat dari jalur REN Indonesia ke REN global saat ini dan tentunya merupakan tonggak sejarah penting bagi UB dan institusi riset dan pendidikan di Indonesia," kata Prof Widodo, Rektor Universitas Brawijaya dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

Dalam sambutannya, Prof Jun Murai, Co-Director ARENA-PAC, mengataka bahwa jaringan 100 Gbps ke IDREN, yaitu jaringan riset dan pendidikan Indonesia menciptakan sejarah yang besar demi masa depan, tidak hanya Indonesia, tetapi juga kawasan Asia-Pasifik bagi akademisi.



Simak Video "DEWG G20 Bahas Isu Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT