Fitur 'Precise Location' di Instagram Berbahaya?

Fitur 'Precise Location' di Instagram Berbahaya?

ADVERTISEMENT

Fitur 'Precise Location' di Instagram Berbahaya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 31 Agu 2022 09:15 WIB
Ilustrasi Instagram
Ramai Ancaman Bahaya 'Precise Location' di Instagram, Ini Penjelasannya Foto: Youtube
Jakarta -

Kalau kalian sering membuka Instagram pasti pernah melihat postingan yang memperingatkan bahaya dari fitur 'precise location'. Postingan itu mengklaim fitur precise location bisa dimanfaatkan orang lain untuk melihat lokasi pengguna dengan tepat.

Beberapa postingan yang viral di Instagram, Twitter dan TikTok itu mengklaim bahwa berkat update baru untuk iOS dan Instagram, orang lain bisa menemukan lokasi pengguna dengan tepat hanya bermodalkan tag lokasi di postingan Instagram atau Stories.

Cohtohnya, jika pengguna membagikan postingan di Instagram dengan tag lokasi yang umum, misalnya 'Jakarta', sambil mengaktifkan fitur precise location, maka orang lain bisa melihat lokasi pengguna yang sebenarnya di peta.

Postingan itu mengatakan update ini dimanfaatkan orang lain untuk melakukan tindak kriminal misalnya mencuri, menguntit, dan lain-lain. Klaim ini juga disebarkan dalam bentuk infografis, TikTok viral, dan meme yang kadang berisi pesan bagi pengguna untuk mematikan fitur precise location.

[Gambas:Instagram]

Menanggapi banyaknya postingan viral yang memperingatkan bahaya fitur precise location, Instagram kemudian buka suara. Dalam cuitan di Twitter lewat akun @InstagramComms, aplikasi media sosial milik Meta ini menegaskan bahwa mereka tidak pernah membagikan lokasi pengguna dengan orang lain.

"Untuk lebih jelasnya, kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain," kata tim komunikasi Instagram dalam cuitannya, seperti dikutip dari BBC, Senin (29/8/2022).

"Seperti perusahaan media sosial lainnya, kami menggunakan precise location untuk hal-hal seperti tag lokasi dan peta. Orang-orang bisa mengatur Location Service lewat pengaturan perangkatnya, dan tag lokasi di postingannya jika mereka ingin membagikan informasi itu," sambungnya.

Untuk kasus Instagram, pengguna yang mengaktifkan fitur precise location bisa melihat opsi lokasi yang dekat dengan mereka saat ingin memasukkan tag lokasi di postingan Instagram atau Stories.

Selanjutnya: Apa itu precise location dan cara mematikannya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT