30 Kata-Kata Kemerdekaan yang Bikin Semangat Lebih Membara

ADVERTISEMENT

30 Kata-Kata Kemerdekaan yang Bikin Semangat Lebih Membara

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 16 Agu 2022 15:47 WIB
Ukuran Bendera Merah Putih, Begini Ketentuannya
30 Kata-Kata Kemerdekaan yang Bikin Semangat Lebih Membara (Foto: Getty Images/iStockphoto/Yamtono_Sardi)
Jakarta -

Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawannya. Beberapa di antaranya seperti memanjatkan doa, membuat sebuah acara lomba, atau sekedar update status di media sosial dengan gambar dan kata-kata.

Ya, setidaknya melalui gambar yang disisipkan sebuah kata-kata Kemerdekaan, lebih dapat diresapi, memiliki makna, dan bikin semangat lebih membara. Hal ini bisa menyadarkan penduduk di Tanah Air, bahwa perjuangan para pahlawan sendiri belum reda.

Sebagai penerus bangsa, kita masih harus mencari arti sesungguhnya dari kata merdeka. Perlu ditekankan, perayaan Hari Kemerdekaan hanya sebatas pengingat belaka, bagi mereka yang telah berjuang dan berkorban sekuat tenaga, demi kemajuan Indonesia.

Nah, sebagai anak muda, banyak cara untuk menyuarakan Kemerdekaan ini. Salah satunya dengan membuat story atau posting di media sosial.

Biasanya, postingan tersebut berisi gambar yang nantinya terdapat beberapa kata, untuk memberikan kesan lebih mendalam. Supaya detikers tidak bingung, berikut kumpulan 30 kata-kata Kemerdekaan yang bikin semangat lebih membara, seperti yang sudah detikINET kumpulkan dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022).

30 Kata-Kata Kemerdekaan

  1. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. - Ir. Soekarno
  2. Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita. - M. Hatta.
  3. Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri. - Mohammad Yamin.
  4. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. - R.A. Kartini
  5. Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka ... Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. - Bung Tomo
  6. Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. perjuangan kita belum berakhir . Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.
  7. Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.
  8. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memberi kelapangan untuk berekspresi, yang memberi kebebasan untuk berkarya, dan yang saling menghargai satu sama lain. Dirgahayu Republik Indonesia.
  9. Jangan hanya di medsos saja semangat kemerdekaan dirasakan tetapi juga dalam hati kita tentu harus terus berkobar semangat mengisi kemerdekaan "Dirgahayu Republik Indonesia".
  10. Seribu orangtua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. MERDEKA!
  11. Saat kita mulai merasakan betapa indahnya merayakan kemerdekaan, saat itulah kita sering melupakan bahwa ada banyak cita-cita para pejuang yang belum tersampaikan. Tugas kita adalah mewujudkan dengan kesadaran bahwa kita adalah generasi penerus yang akan terus mengisi Kemerdekaan Indonesia. Dirgahayu RI ke-74.
  12. Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu, dan Buat bangsa ini pun bangga. Selamat hari kemerdekaan.
  13. Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah . Dirgahayu, Indonesiaku.
  14. Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna, dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berfikir dan bertindak, karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka !!!
  15. Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya, MERDEKA.
  16. Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir . Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.
  17. Ingat Indonesia bukan hanya Jakarta atau kota besar lainnya. Mereka akan tetap ada dari Sabang hingga Merauke menjadi satu yaitu Indonesia Merdeka.
  18. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. MERDEKA
  19. Lemah maupun kuat pada sebuah perjuangan guna memperjuangkan akan nilai kehidupan yang layak merupakan sebuah pilihan mati. Kini Sang Merah Putih telah berkibar bebas di angkasa. MERDEKA.
  20. Merah Putih dalam dada berkibar terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa.
  21. Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita.
  22. Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkorbar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir, dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh.
  23. Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkanlah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu.
  24. 17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia.
  25. Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa.
  26. Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras.
  27. Tak ada jalan mudah untuk mencapai kemerdekaan di mana pun. Banyak dari kita berkali-kali harus melewati lembah dengan bayangan kematian sebelum mencapai puncak cita-cita kita itu. - Nelson Mandela
  28. Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga. - Jenderal Soedirman
  29. Merdeka itu hak segala bangsa dan juga hak semua orang, padamkan kebencian antarbangsa dan ciptakan perdamaian antardunia.
  30. Sang saka Merah Putih berkibar, tampak indah melambai-lambai, semangat juang kami terus berkobar, untuk gapai Indonesia makmur dan damai. Dirgahayu Indonesiaku.



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT