Tarif Ojol Gak Jadi Naik Hari Ini, Kenapa?

ADVERTISEMENT

Tarif Ojol Gak Jadi Naik Hari Ini, Kenapa?

Shafira Cendra Arini - detikInet
Minggu, 14 Agu 2022 13:05 WIB
Infografis daftar tarif ojek online (ojol) yang baru naik
Tarif Ojol Gak Jadi Naik Hari Ini, Kenapa?. Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Tarif baru ojek online (ojol) rencananya akan berlaku secara efektif di seluruh Indonesia per 14 Agustus atau hari ini. Namun, penerapan tarif ojol yang baru ternyata tidak dilakukan hari ini.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pemberlakuan aturan tarif ojol yang baru ini kemungkinan mundur dari tanggal yang telah ditetapkan sebelumnya, karena masih perlu disosialisasikan.

"Sangat dimungkinkan (mundur) karena masih perlu waktu untuk sosialisasi lebih luas," ujar Adita kepada detikcom, Sabtu (13/08/2022).

Dengan demikian, lanjut Adita, tarif ojol yang baru belum berlaku efektif pada 14 Agustus hari ini. Mengenai kapan waktu aturan ini bisa berlaku efektif, ia mengatakan bahwa pemerintah belum menetapkan kapan pastikan tarif baru ojol diberlakukan. "Tapi belum kami tetapkan ya," tambahnya.

Lebih lanjut, pihaknya masih dalam proses sosialisasi dengan para pihak terkait sebagai langkah dalam mewujudkan penyesuaian tarif ojol baru ini secara menyeluruh.

"Saat ini aturan penyesuaian tarif ojol sedang disosialisasikan kepada stakeholders termasuk mitra dan aplikator. Masih dibutuhkan waktu untuk ini," kata Adita.

"Semua masukan akan menjadi pertimbangan kami dalam menerapkan ketentuan-ketentuan pengelolaan ojol," tandasnya.

Perlu diketahui, ketentuan tarif baru ojol ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022, menggantikan aturan sebelumnya yaitu KM Nomor KP 348 Tahun 2019. Untuk seterusnya, aturan baru untuk ojol ini akan menjadi pedoman sementara bagi penetapan batas tarif atas dan tarif bawah ojol.

"Dalam KM Nomor KP 564 Tahun 2022 ini kami telah melakukan evaluasi batas tarif terbaru yang berlaku bagi ojek online. Selain itu sistem zonasi masih berlaku 3 zonasi," demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022) lalu.

Baca selengkapnya di sini



Simak Video "Yang Bahagia dan Khawatir Saat Tarif Ojol Resmi Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT