Siapa Pendukung Irjen Ferdy Sambo, Ini Analisa Drone Emprit

ADVERTISEMENT

Siapa Pendukung Irjen Ferdy Sambo, Ini Analisa Drone Emprit

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 11 Agu 2022 16:16 WIB
Analisa Drone Emprit Kasus Ferdy Sambo
Sentimen negatif terhadap Ferdy Sambo di media sosial. Foto: Ismail Fahmi/Twitter
Jakarta -

Kasus Irjen Ferdy Sambo jadi buah mulut masyarakat. Siapa saja yang kontra dan cenderung condong ke Ferdy Sambo?

Founder Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi merilis data terbaru analisa Drone Emprit. Tren Polemik Kasus Penembakan Brigadir J menampilkan data media sosial dari 11 Juli - 10 Agustus 2022.

detikINET sudah mendapatkan izin untuk mengutipnya, Kamis (11/8/2022). Ismail menemukan banyak sentimen negatif terhadap kasus ini dan Polri, karena keraguan dari masyarakat.

Analisa Drone Emprit Kasus Ferdy Sambo3 kluster medsos semua kontra Ferdy Sambo. Foto: Ismail Fahmi/Twitter

Sentimen ini berubah menjadi positif ketika Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka. Tiga kubu yaitu publik, media dan pro oposisi kali ini tampak kompak menyoroti polisi dan jelas tidak mendukung Ferdy Sambo.

"Hampir semua dalam klaster itu kontra FS (Ferdy Sambo-red)," kata Ismail Fahmi kepada detikINET.

Adakah pihak yang mendukung Ferdy Sambo di media sosial? Dalam pantauan Ismail Fahmi, pihak yang pro bukan berupa akun media sosial, melainkan pemberitaan tentang pihak yang pro, kemudian di-shared di media sosial dan terekam Drone Emprit.

"Yang pro lebih dari pemberitaan yang di-shared di medsos. Tapi mereka nggak punya akun-akun yang mendukung," kata Ismail.

Obrolan di media sosial membahas berita mengenai anggota DPR yang dinilai diam dan malah terkesan mendukung Ferdy Sambo. Ada lagi sorotan publik ke Kompolnas dan Komnas HAM yang dinilai terburu-buru berpendapat yang cenderung menguntungkan Ferdy Sambo.

"Kompolnas dan Komnas HAM merupakan dua institusi yang juga mendapat sorotan publik karena dinilai terburu menyatakan pendapat yang dinilai menguntungkan FS," ujarnya di Twitter.



Simak Video "Irjen Ferdy Sambo, Awalnya Belasungkawa Ternyata Dia Pelakunya"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT