Google Ungkap Penyebab Down dan Minta Maaf

ADVERTISEMENT

Google Ungkap Penyebab Down dan Minta Maaf

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 09 Agu 2022 15:36 WIB
Jakarta -

Google meminta maaf karena layanan mesin pencarinya yang sempat tak bisa diakses. Mereka pun mengungkap penyebab masalah tersebut.

Menurut mereka, Google down akibat masalah saat pembaruan software. Juru bicara Google mengaku tim mereka sudah memperbaiki masalah tersebut dengan cepat dan layanannya bisa berjalan dengan normal kembali.

"Kami menyadari adanya masalah pembaruan software yang terjadi siang ini waktu Pasifik dan berdampak secara singkat pada Google Search dan Maps," kata juru bicara Google, seperti dikutip detikINET dari The Guardian, Selasa (9/8/2022).

"Kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya. Kami bekerja dengan cepat untuk memperbaiki masalah ini dan layanan kami kini sudah online kembali," tambahnya.

Down-nya layanan Google ini tercatat di platform Downdetector, dengan ribuan laporan dari pengguna. Sementara menurut ThousandEyes, perusahaan network intelligence, setidaknya ada 1.338 server di lebih dari 40 negara yang terdampak dari masalah down-nya Google ini.

Layanan Google yang down ini juga dikeluhkan netizen di Indonesia, yang melaporkan kalau layanan Google itu tak bisa dipakai mulai pukul 08.00 WIB pagi tadi. Mayoritas laporan yang masuk mempermasalahkan kendala dalam pencarian dan akses situs web, baik desktop maupun ponsel.

Menariknya, beberapa jam sebelum kejadian ini, ada insiden ledakan di salah satu data center Google. Yaitu data center yang berlokasi di Council Bluffs, Iowa, Amerika Serikat. Ada tiga teknisi kelistrikan yang terluka akibat insiden tersebut.

Menurut kepolisian Council Bluffs, insiden tersebut adalah sebuah ledakan arc flash yang disebabkan listrik, yang terjadi pada Senin (8/8) pukul 12 siang waktu setempat.

Ada tiga teknisi yang terluka itu tengah melakukan perbaikan di dekat bangunan data center. Saat proses perbaikan itulah kemudian terjadi ledakan arc flash, yang menyebabkan luka bakar yang cukup parah pada ketiga teknisi tersebut.

Salah satu dari tiga korban itu kemudian diterbangkan menggunakan helikopter ke Nebraska Medical Center, sementara dua teknisi lainnya dibawa menggunakan ambulan. Menurut kepolisian Council Bluffs, ketiga teknisi tersebut dalam kondisi sadar saat dibawa ke Nebraska Medical Center.

Juru bicara Google Devon Smiley mengkonfirmasi insiden tersebut kepada Sfgate. "Kami mengetahui adanya insiden kelistrikan yang terjadi di data center Google di Council bluffs, Iowa, yang menciderai tiga orang di lokasi yang saat ini tengah mendapat perawatan medis," jelasnya.

"Kesehatan dan keamanan untuk pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan rekan dan pihak berwajib lokal untuk menginvestigasi kejadian ini," tambah Smiley.

(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT