Google Down Lagi, Pertama Kalinya Sejak Desember 2021

ADVERTISEMENT

Google Down Lagi, Pertama Kalinya Sejak Desember 2021

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 09 Agu 2022 12:34 WIB
Sydney, Australia - October 28, 2011: Female hand holding an ipad showing Google. She is touching the screen. There is coffee on the dining table in the background.  This image shows the ipad being used in a casual environment.
Google Down Lagi, Pertama Kalinya Sejak Desember 2021 Foto: Getty Images/courtneyk
Jakarta -

Google down ramai jadi pembicaraan netizen di media sosial pada Selasa (9/8) pagi. Mereka mengeluhkan tidak bisa melakukan pencarian di Google Search dan menemukan peringatan 'Error 500'.

Tumbangnya Google pagi ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Menurut data DownDetector, pengguna di Inggris, Australia, Singapura, dan Amerika Serikat juga melaporkan kesulitan mengakses Google.

Ini pertama kalinya Google tumbang pada tahun 2022. Menurut pantauan detikINET, terakhir kali layanan Google mengalami gangguan di Indonesia dan sejumlah negara adalah pada 1 Desember 2021.

Sepanjang tahun 2021, Google sempat down hingga empat kali. Dari rangkaian kejadian tersebut, banyak layanan Google yang terdampak seperti Google Meet, Drive, Gmail, dan masih banyak lagi.

Peristiwan ini tentu selalu disambut keluhan netizen yang sudah sangat bergantung dengan layanan Google untuk kegiatan belajar dan bekerja. Berikut rangkuman detikINET terkait Google down sepanjang tahun 2021.

Januari 2021

Pada 6 Januari 2021 beberapa layanan Google sempat tumbang. Saat itu pengguna tidak bisa mengakses Google Meet, Drive, dan beberapa layanan Google lainnya.

Februari 2021

Sebulan kemudian, pada 4 Februari 2021 layanan Google kembali tumbang. Dampaknya paling terasa di Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, hingga Singapura. Pengguna mengeluhkan tidak bisa menggunakan Gmail, YouTube, Google Search, dan layanan Google lainnya.

April 2021

Pada 8 April 2021, Google kembali down di beberapa negara. Pengguna di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam banyak melaporkan kejadian ini lewat situs DownDetector.

Di Indonesia, wilayah yang paling banyak melaporkan gangguan layanan Google adalah Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Netizen di Twitter mengeluh tidak bisa mengakses YouTube, Google Translate, Gmail, dan aneka produk Google lainnya.

Tapi tidak lama setelah laporan layanannya tumbang, Google membantah sistemnya lumpuh hingga tidak bisa diakses. Mereka mengacu pada dasbor resmi status layanan Google di https://www.google.com/appsstatus/dashboard/#hl=en&v=status.

Desember 2021

Netizen kembali melaporkan layanan Google down pada 1 Desember 2021. Sebagian besar pengguna mengeluhkan kesulitan melakukan pencarian menggunakan Google Search.

Sama seperti kejadian Google down hari ini, pengguna yang melakukan pencarian di Google Search justru disambut pesan error. Kejadian ini tidak hanya dilaporkan di Indonesia, tapi juga di negara tetangga seperti Singapura.

Simak Video 'Layanan Sempat Terkendala, Google Minta Maaf':

[Gambas:Video 20detik]



(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT