Rilis iPhone 14 Terancam Mundur Gegara Kisruh China-Taiwan

ADVERTISEMENT

Rilis iPhone 14 Terancam Mundur Gegara Kisruh China-Taiwan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 07 Agu 2022 11:04 WIB
iPhone 14
Rilis iPhone 14 Terancam Mundur Gegara Kisruh China-Taiwan Foto: 9to5Mac
Jakarta -

Kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan membuat hubungan China dan Taiwan semakin tegang. Dampaknya juga terasa ke industri ponsel, bahkan berpotensi membuat kehadiran iPhone 14 jadi molor.

Pasalnya, Taiwan merupakan salah satu pusat industri teknologi di dunia dan banyak perusahaan Taiwan yang menjadi mitra raksasa teknologi seperti Apple dan Microsoft. Termasuk TSMC, salah satu perusahaan semikonduktor terbesar di dunia dan mitra nomor satu Apple.

Karena hubungan China dan Taiwan yang memanas, pemerintah China meminta semua produk yang dikirimkan dari Taiwan harus menggunakan label dibuat di 'Taiwan, China' atau 'China Taipei'. Apple pun meminta semua mitranya yang berbasis di Taiwan untuk mematuhi aturan tersebut.

Peringatan Apple ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, pasokan komponen yang dikirimkan oleh mitra Apple di Taiwan ke pabrik Pegatron di Suzhou, China sempat tertahan di bea cukai China. Pegatron sendiri merupakan salah satu mitra utama perakit produk Apple, termasuk iPhone.

Semua dokumen dan kontainer yang berasal dari Taiwan benar-benar diteliti agar tidak ada yang menggunakan nama 'Taiwan' atau Republik China'. Jika ada produk yang memuat label 'Made in Taiwan' di formulir deklarasi atau karton pengiriman, produk tersebut terancam dikembalikan ke Taiwan.

Di sisi lain, Taiwan meminta semua produk ekspor memiliki label yang menunjukkan asal pengirimannya, jadi harus ada label 'Taiwan' atau 'Republik China'. Untuk menghindari potensi gangguan supply chain, Apple pun meminta mitra pemasoknya di Taiwan untuk menyiapkan rencana cadangan.

Kondisi ini juga jadi semakin rumit karena Vice Chairman Pegatron dan beberapa petinggi TSMC ikut hadir dalam kunjungan Pelosi, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (7/8/2022).

Masalah ini tentu bisa membuat Apple kelimpungan mengingat peluncuran iPhone 14 yang tinggal menghitung bulan. Jika ada komponen yang tertahan di bea cukai atau sampai dikembalikan ke Taiwan, maka produksi iPhone 14 bisa terganggu dan peluncurannya terancam mundur.

Bahkan tanpa masalah ini produksi iPhone 14 sudah mengalami banyak kendala. Rumornya, ada beberapa masalah kualitas produksi untuk display dan lensa kamera iPhone 14 Pro Max.



Simak Video "Rahasia Dibalik iPhone 14 Bisa Terkoneksi ke Satelit"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT