Tokopedia Ungkap Dampak Inisiatif Hyperlocal bagi UMKM di Bali

ADVERTISEMENT

Tokopedia Ungkap Dampak Inisiatif Hyperlocal bagi UMKM di Bali

Hanifa Widyas - detikInet
Senin, 25 Jul 2022 22:45 WIB
Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Acara 'Tokopedia Media & Creator Hangout' kembali diselenggarakan dan berkolaborasi dengan media, konten kreator, serta penjual Tokopedia yang merupakan kreator lokal Bali. Acara tersebut diadakan di Bali Timbungan Sunset Road, Bali.

Dalam acara ini, pemilik bisnis aksesori Jewel Rocks Imelda Widjaja membagikan pengalamannya berjualan online di Tokopedia. Tidak hanya itu, ia juga memberikan tutorial membuat aksesori autentik ala Jewel Rocks. Diketahui Imelda merupakan salah satu UMKM lokal yang berhasil membawa produknya di Paris Fashion Week Showroom.

Menurutnya, Jewel Rocks merasakan dampak terhadap penjualan sejak berjualan online pada November 2019 di Tokopedia.

"Pada 2006, saya memulai usaha dengan modal awal hanya Rp500 ribu. Saya merasa bahwa aplikasi digitalTokopedia sangat membantu pertumbuhan bisnis Jewel Rocks, terutama selamapandemi. Bahkan omzet kami pada 2021 meningkat 3x kali lipat dibandingkan 2020,"ucapnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

Pada kesempatan yang sama, pihak Tokopedia menyampaikan transaksi belanja online di Bali meningkat 1,5x lipat pada kuartal lI 2022 dibandingkan periode sama 2021. Di sisi lain, Tokopedia juga mencatat jumlah transaksi yang mengalami peningkatan terlihat di beberapa kecamatan Provinsi Bali, seperti Kecamatan Sidemen, Selemadeg Timur, Gilimanuk (desa), Pekutatan, dan Jembrana.

"Tren belanja online tersebut didorong oleh deretan inisiatif Hyperlocal dan kampanye Tokopedia. Sehingga turut menjadikan kategori Kesehatan, Makanan & Minuman, Elektronik, Rumah Tangga, dan Otomotif sebagai paling populer di Bali pada kuartal II 2022," ujar Regional External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz.

Rizky melanjutkan Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mengedepankan inisiatif Hyperlocal untuk mendukung para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal di berbagai daerah, termasuk wilayah Bali.

Ia berharap beragam program serta kolaborasi yang dihadirkan dapat mendorong para pegiat usaha lokal di Indonesia untuk meraja di negeri sendiri.

Turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya pemilik bisnis aksesori Jewel Rocks Imelda Widjaja sebagai pegiat usaha lokal inspiratif asal Bali serta Nessie Judge sebagai YouTuber yang memiliki 9,43 juta subscriber.



Simak Video "Tokopedia Care Hadir di Yogyakarta, Dukung Talenta Digital DIY"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT