Gaet 100 UMKM, Tokopedia Adakan Kelas Perempuan Maju Digital di Bali

ADVERTISEMENT

Gaet 100 UMKM, Tokopedia Adakan Kelas Perempuan Maju Digital di Bali

Hanifa Widyas - detikInet
Senin, 25 Jul 2022 21:50 WIB
Tokopedia
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia kembali menghadirkan Kelas Maju Digital 2022 di Bali. Kali ini Tokopedia mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) dengan menggandeng UMKM Perempuan Perintis (UPRINTIS) Indonesia yang diikuti sekitar 100 pelaku UMKM perempuan.

"Tokopedia telah menjadi rumah bagi sekitar 12 juta penjual, di mana hampir 100 persennya UMKM. Kelas Perempuan Maju Digital ini menjadi salah satu upaya kami untuk terus melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM perempuan agar dapat bersaing di era digital, mengingat UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia," ungkap Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan dalam keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

"Kami berharap melalui berbagai inisiatif yang dihadirkan ini dapat memberi dampak positif bagi pelaku UMKM di berbagai daerah, termasuk Bali. Sehingga mempunyai kesempatan yang sama untuk bertumbuh, tak terkecuali pelaku UMKM perempuan di Indonesia," imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Ekadina berharap melalui kegiatan yang diadakan Tokopedia tersebut, kemampuan sekaligus kualitas produk UMKM dapat meningkat.

"Kami yakin bahwa salah satu cara untuk menggerakkan kembali perekonomian di Bali yang terdampak pandemi dengan memaksimalkan potensi UMKM. Kami berharap lewat Kelas Perempuan Maju Digital yang diadakan Tokopedia ini, dapat semakin mengasah kemampuan para pelaku UMKM sekaligus meningkatkan kualitas produk sehingga siap bersaing di pasar nasional maupun internasional," papar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Ekadina.

Commissioner President UPRINTIS Indonesia Novita Hardini menjelaskan Kelas Perempuan Maju Digital sejalan dengan program UPRINTIS. Ia berharap melalui kegiatan ini, UMKM perempuan mampu meningkatkan kemampuan berbisnis secara digital.

"Kelas Perempuan Maju Digital yang dilakukan Tokopedia di Bali ini sejalan dengan program UPRINTIS dalam memberikan akses pendampingan bagi para UMKM perempuan. Harapannya, agar UMKM perempuan bisa meningkatkan kemampuan berbisnis secara digital, mulai dari promosi, memperluas jaringan bisnis, hingga mengelola keuangan dengan baik," terang Novita.

Kelas Perempuan Maju Digital di Bali diadakan dengan tujuan agar pelaku UMKM perempuan Bali semakin tangguh dan berdaya di era digital. Selain itu, kegiatan ini juga membagikan kiat-kiat kepada pelaku UMKM perempuan mengenai bagaimana menciptakan bisnis yang mengutamakan pemberdayaan perempuan

Sebagai informasi, Inisiatif Hyperlocal yang digencarkan Tokopedia, seperti pendampingan bisnis Kelas Maju Digital, Sekolah Kiat Seller, dan Keluarga Tokopedia juga menjadi perwujudan misi Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

(akn/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT