Blibli Punya Gudang Super Besar, Gimana Ngaturnya?

ADVERTISEMENT

Blibli Punya Gudang Super Besar, Gimana Ngaturnya?

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 21 Jul 2022 18:42 WIB
Blibli Punya Gudang Super Besar, Gimana Ngaturnya?
Blibli Punya Gudang Super Besar, Gimana Ngaturnya? (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Jakarta -

Blibli punya sejumlah Warehouse atau gudang. Salah satunya berlokasi di Medan Satria, Bekasi. Sindu Sirat, Supply Chain Management Blibli, mengatakan bahwa tempat penyimpanan barang ini, menjadi salah satu yang terbesar setelah gudang di Surabaya.

"Jadi kita menyebut ini Warehouse Gudang Satria, total luas bangunan 26 ribu meter persegi. Jadi kita salah satu pengguna di komplek pergudangan Widya Sakti," ujar Sindu kepada detikINET, Kamis (21/7/2022).

Sandy menjelaskan, dari total luas 26 ribu m2, Blibli membaginya tiga area besar penyimpanan. Pertama area Raking, dengan kapasitas sekitar 23 ribu kubik. Kedua ada Floor Storage, di mana barang-barang ada di atas palet, dan terakhir area Shelving.

"Area Shelving sendiri dibagi menjadi tiga, reguler di ruangan umum, shelving high value, dan shelving air conditioner room," jelasnya.

Setelah itu, sisanya digunakan sebagai Packing Station, Outbound, dan sebagian dipakai untuk HUB BES paket. Lantas bagaimana cara Blibli mengatur ruangan seluas itu?

"Jadi masing-masing orang itu ada identitas usernya di sistem. Misalkan ada seorang karyawan mengisi jobdesc packer, dia ada usernya yang menggunakan alamat email dan harus login ke sistem pakai nama dia. Jadi pekerjaan dia bisa terukur," ungkap Sindu.

Lalu Sindu juga menyampaikan, bila ada pekerja sebagai seorang picker, mereka memiliki perangkat sendiri dengan nama yang terdaftar di dalamnya. Ia menegaskan, sehingga masing-masing orang bisa diukur produktivitasnya dan telah melakukan apa saja.

"Selain itu, barang-barang juga sudah kita tata nih. Misalkan yang di Raking itu barang-barang besar, jadi kalau untuk picker tidak akan mengambilnya dari atas, tapi dari bawah," tegas Sindu.

Jadi, nantinya dari area Raking, barang akan diturunkan atau dipindah ke area Floor Storage, sehingga picker dapat mengambilnya dengan cepat. Ia menambahkan, penjelasan yang dipaparkannya tersebut, merupakan metode-metode yang memang digunakan untuk pengelolaan warehouse.



Simak Video "Blibli Store Buka di 3 Tempat, Tawarkan Pengalaman Omnichannel"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT