Negara Ini Bakal Geser China Jadi Penduduk Terbanyak di Dunia

Negara Ini Bakal Geser China Jadi Penduduk Terbanyak di Dunia

ADVERTISEMENT

Negara Ini Bakal Geser China Jadi Penduduk Terbanyak di Dunia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 20 Jul 2022 20:40 WIB
Ilustrasi Bangunan China
Ilustrasi bangunan bernuansa China. Foto: (dok. Unsplash)
Jakarta -

Sudah berabad-abad China menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia. Tetapi, negara ini diprediksi akan mengalahkan jumlah penduduk China. Negara mana kah itu? Apakah detikers ada yang bisa menebaknya?

Menurut laporan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), adalah India yang akan mengalahkan jumlah populasi di China pada 2023. Pada 15 November 2022, diprediksi populasi dunia akan menduduki delapan miliar, meskipun rata-rata pertumbuhan penduduk dunia saat ini mengalami perlambatan.

Diperkirakan, populasi global akan mencapai 8,5 miliar di 2030, 9,7 miliar di 2050 dan 10,4 miliar di 2100.

Ditemukan lagi fakta bahwa hampir dari setengah populasi global ini terkonsentrasi di delapan negara. Populasi di sejumlah negara tersebut bahkan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat di antara 2022. Delapan negara tersebut adalah Republik Kongo, Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Republik Tanzania.

Sementara itu, kemungkinan 61 negara justru akan mengalami penurunan kelahiran. China disebut akan turun menjadi 1,317 miliar populasi di pertengahan abad ini. Sementara itu, India diprediksi akan naik populasinya, menjadi 1,668 miliar di 2050.

Kembali ke negara China yang sudah menjadi negara terbanyak di dunia bertahun-tahun, populasi China saat ini berada di angka 1,426 miliar. Sedangkan populasi India berada di 1,412 miliar di tahun ini.



Simak Video "YouTube Berkontribusi Rp 7,5 Triliun untuk PDB Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT