Mobile Legends Pede Aman dari Blokir PSE Kominfo

ADVERTISEMENT

Mobile Legends Pede Aman dari Blokir PSE Kominfo

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 19 Jul 2022 09:46 WIB
Mobile Legends Pede Tak Diblokir Kominfo
Mobile Legends Pede Tak Diblokir Kominfo (Foto: Moonton)
Jakarta -

Mobile Legends percaya diri alias pede tidak akan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pasalnya mereka sudah daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Informasinya juga bisa didapatkan melalui situs resmi pse.kominfo.go.id, pada daftar PSE Asing. Masuk sebagai Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mobile Legends resmi terdaftar pada tanggal 17 Juli 2022 oleh Youngjou Technology Limited.

Langkah tersebut menyusul Garena Indonesia, yang sebelumnya sudah lebih dulu mengajukan beberapa game di bawah naungannya, seperti Free Fire, Arena of Valor, Call of Duty Mobile sejak tanggal 18 Mei lalu di PSE Domestik. Termasuk mendaftarkan judul baru mereka, Blockman GO, lalu diikuti pula oleh Contra Returns, Speed Drifters, dan Fairy Tail.

"Terima kasih kepada semua elemen yang telah mendukung kami dalam proses registrasi ini. Kami akan terus berkomunikasi dengan pihak terkait dalam hal kepatuhan regulasi demi kemajuan ekosistem esports di Tanah Air," ujar Azwin Nugraha, Public Relations Moonton Indonesia, kepada detikINET.

Berbeda dengan game battle royale besutan Tencent, yakni PUBG Mobile. Hasil penelusuran detikINET di situs resmi PSE, Selasa (17/7/2022), game ini belum terdaftar di dua kategori, baik PSE Domestik atau PSE Asing.

Kabar terakhir dari mereka, bahwa PUBG Mobile sendiri tengah menjalani proses pendaftarannya.

"Perihal PSE ini, kami sedang koordinasi internal mas untuk merampungkan proses registrasinya. Semoga dalam waktu dekat bisa selesai ya," ujar PUBG Mobile Indonesia (30/6).

Bila hingga tanggal 21 Juli 2022 juga belum terdaftar, maka PSE yang beroperasi di Indonesia dinyatakan ilegal dan Kominfo akan memblokirnya. Jadi, PUBG Mobile masih memiliki waktu beberapa hari lagi, sebelum periode berakhir.

Sementara itu, judul-judul ternama yang sebelumnya belum ada, mulai masuk ke dalam daftar. Salah satunya, yakni game besutan dari Cognosphere seperti Genshin Impact, Honkai Impact 3RD, Tears of Themis, Honkai: Star Rail, Zenless Zone Zerok, Nova Desktop dan Hoyolob yang terdaftar pada 18 Juli 2022.

Selain game PUBG Mobile, ternyata masih ada raksasa teknologi yang belum mendaftar PSE. Nama-nama besar tersebut ialah Google, Facebook, WhatsApp dan kawan-kawannya.

Terakhir, Menkominfo Johnny G Plate dalam kunjungan kerja di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tetap bergeming soal batas akhir pendaftaran PSE. Ia menegaskan, batas akhir pendaftaran paling lambat tanggal 20, dan tidak bisa ditawar lagi baik untuk perusahaan dalam negeri maupun mancanegara.



Simak Video "Petisi Tolak PSE Kominfo Telah Ditandatangani Ribuan Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT