Jumlah UMKM Manado Gabung Tokopedia Naik 1,5x Lipat

ADVERTISEMENT

Jumlah UMKM Manado Gabung Tokopedia Naik 1,5x Lipat

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Senin, 18 Jul 2022 18:30 WIB
Aplikasi Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi belanja online masyarakat Kota Manado. Pasalnya, masyarakat Kota Manado kini tak hanya mengandalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan harian, melainkan juga untuk membayar pajak.

Di Kota Manado, Tokopedia juga melaporkan adanya pertumbuhan UMKM yang bergabung di Tokopedia lebih dari 1,5 kali lipat pada kuartal II 2022 dibanding kuartal II 2021. Pertumbuhan ini pun mendorong peningkatan transaksi pada kategori Handphone & Tablet, Kesehatan, Makanan & Minuman, Perlengkapan Pesta & Kerajinan Tangan, dan Otomotif di kuartal II 2022.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan menyampaikan masyarakat Kota Manado juga memanfaatkan Tokopedia untuk membayar berbagai produk digital. Pulsa, Listrik PLN, Paket Data, Angsuran Kredit, dan Pascabayar pun menjadi produk digital paling populer di Kota Manado pada kuartal II 2022.

"Antusiasme masyarakat Kota Manado yang mulai mengandalkan teknologi untuk pembayaran pajak terlihat pada kenaikan jumlah transaksi Penerimaan Negara sebanyak hampir 2x lipat pada kuartal II 2022 dibanding periode sama 2021," ujar Emmiryzan dalam keterangan tertulis, Senin (18/7/2022).

Dalam rangka meningkatkan layanan terhadap masyarakat, Tokopedia turut mendukung upaya sosialisasi pembayaran pajak secara digital. Demi memenuhi kebutuhan pengguna di Sulawesi Utara untuk membayar pajak kendaraan motor, Tokopedia pun menghadirkan fitur E-Samsat yang sudah bisa diakses oleh masyarakat Sulawesi Utara sejak Januari 2022.

Mengenai hal ini, Wali Kota Manado Andrei Angouw mengapresiasi atas upaya Tokopedia dalam menghadirkan layanan yang dapat mempermudah aktivitas masyarakat Kota Manado. Ia menyampaikan pihaknya juga akan mendorong digitalisasi di Kota Manado.

"Pemerintah Kota Manado mengapresiasi kehadiran Tokopedia yang telah menjadi salah satu platform yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya.

"Sementara itu, kami juga akan selalu berupaya untuk membantu seluruh penduduk Kota Manado agar dapat terus beradaptasi di era digital. Salah satunya dengan selalu mengimbau masyarakat untuk mempelajari dan menggunakan platform digital untuk pendataan dan pelaporan berbagai aktivitas termasuk penagihan pajak," pungkasnya.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT