Pengguna TikTok Kini Bisa Atur Konten di FYP

ADVERTISEMENT

Pengguna TikTok Kini Bisa Atur Konten di FYP

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 14 Jul 2022 17:45 WIB
Logo TikTok
Foto: (Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

TikTok kini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mengatur For You page (FYP)-nya. Yaitu memblokir kata atau hashtag tertentu yang tak ingin muncul di laman tersebut.

Misalnya saat penggunanya tak mau lagi menonton video DIY atau tutorial memasak, mereka bisa dengan mudah memblokir kata kunci atau hashtagnya agar tak muncul di laman FYP.

TikTok pun mengeluarkan dua fitur moderasi dan filter baru. Pertama diberi nama Content Levels, yang memberi ranking terhadap konten berdasarkan usia pengguna, dan didesain untuk menghindari kemunculan konten dewasa ke pengguna anak-anak. TikTok menyamakan fitur ini dengan sistem rating yang ada di film ataupun game.

Lalu fitur lainnya adalah fitur yang bisa mengidentifikasi yang mungkin lucu atau menarik jika dilihat sekali, namun bisa berbahaya jika dilihat terus-menerus. TikTok sudah menggarap fitur ini sejak lama, dan baru sekarang dirilis ke publik, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (14/7/2022).

Kedua fitur ini sebenarnya sangatlah penting untuk TikTok, dan selama ini mereka seperti tidak mau memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk mengatur video semacam yang ingin dilihat (atau tidak ingin dilihat).

Contohnya saja laman FYP, yang benar-benar mengandalkan algoritma untuk menebak video apa yang ingin dilihat oleh penggunanya, atau mungkin lebih tepatnya, memaksa pengguna menonton video yang dipilih oleh algoritma.

Hal ini membuat TikTok bisa menjadi tempat berbahaya untuk anak-anak, karena bisa saja konten yang sedang populer dan dimunculkan di FYP tidak cocok untuk anak-anak.

Oh ya, fitur baru TikTok ini tak akan langsung tersedia saat ini, melainkan baru akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.



Simak Video "Intip Keseruan Festival 'Serunya Indonesia' dari TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT