Elon Musk dan Jeff Bezos Kehilangan Rp 897 Triliun dalam 6 Bulan

Elon Musk dan Jeff Bezos Kehilangan Rp 897 Triliun dalam 6 Bulan

ADVERTISEMENT

Elon Musk dan Jeff Bezos Kehilangan Rp 897 Triliun dalam 6 Bulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 04 Jul 2022 16:15 WIB
NEW YORK, NEW YORK - MAY 02: 
  Elon Musk attends The 2022 Met Gala Celebrating
Elon Musk dan Jeff Bezos Kehilangan Rp 897 Triliun dalam Enam Bulan Foto: Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris
Jakarta -

Kekayaan Elon Musk, Jeff Bezos, dan Mark Zuckerberg raib dalam jumlah yang fantastis dalam enam bulan terakhir. Menurut laporan Bloomberg, tiga bos teknologi ini masing-masing kehilangan lebih dari USD 60 miliar atau Rp 897 triliun.

Musk, orang terkaya di dunia, kehilangan hartanya sebesar USD 62 miliar, sedangkan Bezos kehilangan sekitar USD 63 miliar. Sementara itu Zuckerberg kehilangan USD 65,5 miliar, lebih dari setengah total kekayaannya.

Pasar kripto yang amburadul juga mempengaruhi kekayaan Changpeng Zhao, pendiri dan CEO Binance. Pria yang akrab disapa CZ ini bahkan kehilangan hampir USD 80 miliar pada tahun ini karena pasar kripto yang gonjang-ganjing.

Kondisi ini sangat berbalik jika dibandingkan dengan dua tahun terakhir. Pandemi COVID-19 justru membuat yang kaya semakin kaya dan membuat jurang kesenjangan jadi semakin menganga.

Berkat stimulus yang dikucurkan oleh pemerintah dan bank sentral di awal pandemi COVID-19, valuasi pasar sederet perusahaan semakin meningkat, mulai dari perusahaan teknologi sampai mata uang kripto.

Kini setelah pemerintah menaikkan suku bunga untuk mengatasi inflasi, beberapa saham perusahaan kelas atas langsung anjlok, begitu juga dengan kekayaan para miliarder yang memilikinya.

Menurut data Bloomberg, 500 orang terkaya di dunia sudah kehilangan USD 1,4 trilun sepanjang semester pertama tahun 2022, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (4/7/2022).

Meski jumlah kekayaan yang hilang cukup signifikan, bukan berarti para bos teknologi itu langsung jatuh miskin. Musk masih jadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan USD 208,5 miliar, sedangkan Bezos berada di posisi kedua dengan USD 129,6 miliar.

Sementara itu Bill Gates ada di posisi keempat dengan kekayaan USD 114,8 miliar. Zuckerberg yang sudah terlempar dari 10 besar kini berada di posisi ke-17 dengan USD 60 miliar.



Simak Video "Yang Akan Dibicarakan Elon Musk hingga Anne Hathaway di B20 Summit"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT