Wow! Bocah 2 Tahun Jadi Anggota Termuda Klub Orang Jenius

ADVERTISEMENT

Wow! Bocah 2 Tahun Jadi Anggota Termuda Klub Orang Jenius

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 03 Jul 2022 18:56 WIB
Little professor solving math problem on blackboard
Ilustrasi anak genius Foto: Getty Images/iStockphoto/selimaksan
Jakarta -

Seorang anak perempuan berusia dua tahun secara resmi menjadi anggota termuda Mensa, klub untuk orang genius dengan IQ tinggi. Bocah bernama Isla McNabb itu berhasil bergabung dengan Mensa karena tingkat kecerdasannya yang luar biasa untuk anak seumurnya.

Amanda McNabb, ibu Isla, mengatakan putrinya pertama kali menunjukkan kecerdasannya yang luar biasa lewat ketertarikannya terhadap alfabet.

"Ia selalu memiliki ketertarikan terhadap alfabet, jadi kami memberikannya semua jenis balok dan magnet - banyak salinan alfabet - dan saya memperhatikan bahwa kucing saya akan memiliki huruf C di sebelahnya, dan kemudian saya akan diberi huruf M," kata Amanda, seperti dikutip dari The Independent, Minggu (3/7/2022).

Meski usianya baru dua tahun, keluarganya mengatakan bahwa Isla bisa belajar membaca sendiri dan sekarang ini memiliki perbendaharaan kata yang luas. Saat pertama kali diajari membaca, kosakata yang dipahami Isla sekitar 100 kata, dan kini sudah berkembang jadi lebih dari 500 kata.

Karena mengira anaknya memiliki bakat tersembunyi, orang tua Isla sempat membawanya ke dokter anak. Kepada dokter, orang tua Isla mengatakan bahwa putrinya sudah bisa membaca di usia dua tahun.

Dokter itu tidak langsung percaya dan mengira Isla hanya bisa menghapal cerita dan kata-kata yang diajarkan kepadanya. Sampai kemudian Isla diperlihatkan sebuah poster yang ada di dinding dan bisa membaca semua kata-kata yang ada di poster.

Kecerdasan Isla tidak hanya terbatas pada membaca saja. Ia juga bisa menghitung dan melakukan perhitungan matematika sederhana, termasuk pengurangan. Saat diberikan krayon, Isla juga mulai bisa menulis 'mom'.

"Kami sudah curiga bahwa Isla mungkin berbakat sejak ia masih bayi, tapi ia mulai mengembangkan keterampilan membaca dan menulisnya secara cepat sejak berusia dua tahun, dan kemudian itu mulai jelas bahwa ada sesuatu istimewa yang terjadi," kata Amanda.

Amanda kemudian mencari psikolog yang bisa melakukan tes IQ. Setelah dites, tingkat kecerdasan Isla sesuai Stanford-Binet Intelligence Scales berada di level 'superior' dan 'sangat superior' di semua kategori.

Setelah hasil tes itu keluar, Isla resmi menjadi anggota termuda Mensa, klub orang jenius terbesar dan tertua yang anggotanya memiliki skor IQ 2% teratas dari populasi. Mensa juga akan memberikan dukungan khusus untuk Isla dan keluarganya, terutama saat Isla sudah duduk di bangku sekolah.

Setelah Isla bergabung dengan Mensa, ayahnya Jason McNabb mengatakan ia akan membiarkan putrinya mengambil kendali sendiri. Karena sudah pintar membaca dan menghitung, kemungkinan Isla tidak akan masuk taman kanak-kanak dan langsung lompat ke sekolah.

"Ia membawa kami ke jalan yang sangat menarik, tapi kami akan membiarkannya mengambil kendali dan melihat ke mana arahnya dari sana," kata Jason yang juga merupakan anggota Mensa.

"Mudah-mudahan ini akan mengarah pada beasiswa - mungkin Harvard atau MIT suatu hari nanti," pungkasnya.



Simak Video "Agnez Mo dan Maudy Ayunda Dilirik Grup Orang Jenius Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT