Steve Jobs Dianugerahi Penghargaan Tertinggi oleh Joe Biden

ADVERTISEMENT

Steve Jobs Dianugerahi Penghargaan Tertinggi oleh Joe Biden

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 02 Jul 2022 08:01 WIB
SAN FRANCISCO, CA - JANUARY 9: Apple CEO Steve Jobs holds up the new iPhone that was introduced at Macworld on January 9, 2007 in San Francisco, California. During the keynote Jobs introduced the new iPhone which will combine a mobile phone, a widescreen iPod with touch controls and a internet communications device with the ability to use email, web browsing, maps and searching. The iPhone will start shipping in the US in June 2007. (Photo by David Paul Morris/Getty Images)
Steve Jobs Dianugerahi Penghargaan Tertinggi oleh Joe Biden Foto: David Paul Morris/Getty Images
Jakarta -

Steve Jobs, co-founder dan mantan CEO Apple, dianugerahi penghargaan Presidential Medal of Freedom secara anumerta oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi pencapaiannya sebagai pemimpin Apple dan Pixar, serta peran pentingnya di Walt Disney Company. Pengumuman penghargaan ini juga datang di pekan yang sama dengan peringatan 15 tahun peluncuran iPhone original.

Presidential Medal of Freedom merupakan penghargaan tertinggi di AS yang dapat diberikan kepada warga sipil, dan diberikan kepada individu yang memberikan kontribusi luar biasa terhadap kemakmuran dan keamanan Amerika Serikat, perdamaian dunia, atau pencapaian penting lainnya.

"Steve Jobs merupakan co-founder, chief executive, dan chair Apple, Inc., CEO Pixar dan memegang perang penting di Walt Disney Company," kata Gedung Putih dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (2/7/2022).

"Visi, imajinasi, dan kreativitasnya berbuah pada penemuan yang telah, dan terus, mengubah cara dunia berkomunikasi, serta mengubah industri komputer, musik, film dan nirkabel," sambungnya.

Jobs mendirikan Apple pada April 1976 dan berperan mengembangkan komputer mainstream generasi pertama. Ia sempat meninggalkan Apple pada tahun 1985, sebelum bergabung kembali pada tahun 1997.

Sejak saat itu, Jobs memimpin pengembangan produk yang kemudian membawa Apple berjaya seperti sekarang ini, termasuk Mac, iPod, dan iPhone.

Selain terlibat dengan Apple, Jobs juga merupakan co-founder Pixar, perusahaan film animasi yang saat ini menjadi bagian dari Disney. Jobs meninggal dunia pada tahun 5 Oktober 2011 di usia 56 tahun karena kanker pankreas.

Presidential Medal of Freedom merupakan penghargaan kesekian yang diterima Jobs sejak kematiannya. Pada tahun 2012, ia menerima penghargaan Edison Lifetime Achievement Award karena jasanya mengembangkan dan meluncurkan produk dan layanan yang game-changing.

Pada tahun 2013, Jobs menerima Disney Legends Award berkat kontribusinya terhadap warisan Disney sebagai CEO Pixar dan anggota dewan direksi.

Penghargaan ini akan diberikan di Gedung Putih pada 7 Juli 2022. Selain Jobs, penghargaan Presidential Medal of Freedom juga akan diberikan kepada 16 orang lainnya, termasuk atlet Simone Biles dan Megan Rapinoe, politisi Gabrielle Giffords dan John McCain, serta aktor Denzel Washington.



Simak Video "Melihat Barang-barang Langka Milik Steve Jobs yang Dilelang di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT