5 Tips Sukses Berkarir di Industri Teknologi Versi Nakama Tokopedia

ADVERTISEMENT

5 Tips Sukses Berkarir di Industri Teknologi Versi Nakama Tokopedia

Dea Duta Aulia - detikInet
Jumat, 01 Jul 2022 13:32 WIB
Tokopedia NextGen
Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia melalui Tokopedia Academy bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo RI) kembali mengadakan Tokopedia NextGen. Program yang menghadirkan sejumlah tema ini sengaja dijalankan untuk meningkatkan pemahaman mengenai dunia digital.

Pada kesempatan kali ini, Tokopedia NextGen mengangkat tema 'Lika-liku Satu Tahun Pertama Bekerja di Industri Teknologi' yang diisi oleh sejumlah pengalaman dari Nakama, sebutan untuk karyawan Tokopedia. Menurut Nakama, ada sejumlah hal yang mesti dipersiapkan sebelum terjun dalam industri teknologi. Apa saja?

1. Pahami Hal Dasar Industri Teknologi

Sebelum memutuskan untuk terjun dalam industri tersebut, harus mengetahui sejumlah hal dasar terkait industri teknologi. Hal mendasar dalam industri teknologi yang perlu diketahui yakni product management, data analytics, web development, mobile development, UI/UX design, software engineering dan lain-lain.

2. Kemauan Tinggi untuk Belajar

Data Scientist Tokopedia Faldi Sulistiawan mengatakan memiliki keinginan belajar yang tinggi merupakan hal mendasar yang mesti dimiliki di industri teknologi. Pasalnya, teknologi terus berkembang dan setiap orang dituntut harus beradaptasi.

"Sebagai pemula, kita harus punya kemauan untuk terus belajar demi meningkatkan kemampuan bekerja. Lewat Tokopedia Academy misalnya, yang sering berbagi informasi mengenai dunia teknologi, seperti data, desain produk, pengalaman pelanggan dan masih banyak lagi," kata Faldi dalam keterangan tertulis, Jumat (1/7/2022).

3. Beradaptasi dengan Budaya Perusahaan

Langkah terakhir yang perlu dilakukan di tahun pertama yakni cepat melakukan adaptasi dengan budaya perusahaan. Faldi mencontohkan seorang Data Scientist perlu mengumpulkan dan menganalisis data, membangun banyak sistem dan otomasi, serta membagikan kepada perusahaan.

"Dalam menyampaikan data-data ini, diperlukan keterampilan berkomunikasi sesuai target audiens dan budaya perusahaan, agar ide yang disampaikan dapat dipahami dan menjadi riil, supaya pada akhirnya dapat memberi manfaat kepada pengguna," kata Faldi.

Halaman Selanjutnya: Kolaborasi dan Komunitas

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT