Jokowi Terbang ke Rusia Hindari Langit Ukraina di Flightradar24

ADVERTISEMENT

Jokowi Terbang ke Rusia Hindari Langit Ukraina di Flightradar24

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 30 Jun 2022 16:53 WIB
Penerbangan Jokowi ke Rusia di Flightradar24
Jalur penerbangan Jokowi memutar dari Polandia untuk menuju Rusia (Foto: Screenshot Flightradar24)
Jakarta -

Presiden Jokowi terbang ke Rusia untuk melanjutkan misi perdamaian. Pesawatnya terbang memutar dan menghindari langit Ukraina.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah berkunjung ke Ukraina dan bertemu Presiden Volodymyr Zelenskyy. Perjalanan dilakukan dengan kereta api luar biasa antara Kota Kiev, Ukraina dengan Kota Przemysl, Polandia.

Berdasarkan informasi Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi terbang ke Rusia pada Kamis (30/6/2022) dari Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia. Tujuan Jokowi adalah Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia dengan pesawat Garuda Indonesia GA1 pukul 09.00 waktu setempat.

Penerbangan Jokowi kali ini pun bisa dipantau langsung oleh masyarakat Indonesia dari aplikasi Flightradar24. Seperti dipantau detikINET, sudah ada rekaman jalur penerbangan GA1.

Sebenarnya, Jokowi bisa terbang lurus ke Moskow dari Polandia. Namun hal itu tidak bisa dilakukan karena nantinya akan melewati langit Ukraina. Seperti diketahui, Ukraina menerapkan zona larangan terbang sejak invasi Rusia.

Tidak boleh ada satupun pesawat lewat di langit Ukraina. Oleh karena itu pada Flightradar24, Jokowi terpantau terbang memutar dulu ke utara sampai perbatasan Polandia-Lithuania.

Dari sana pesawat berbelok ke timur melewati wilayah udara Lithuania, lalu Belarus dan masuk ke wilayah Rusia. Belarus memang sekutu Rusia dan wilayah udaranya terbuka untuk aneka penerbangan.

Lama penerbangan dari Rzeszow ke Moskow adalah 2 jam 2 menit. Pesawat Jokowi pun kini terpantau sudah mendarat di Bandara Vnukovo II di Moskow pukul 12.04 waktu setempat.

Lihat Video: Jokowi Temui Zelensky di Ukraina, Ada 6 Pesan yang Disampaikan

[Gambas:Video 20detik]



(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT