Pantau Langit Ukraina Kosong Melompong Pakai Flightradar24

ADVERTISEMENT

Pantau Langit Ukraina Kosong Melompong Pakai Flightradar24

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 25 Feb 2022 10:30 WIB
Langit Ukraina Dipantau dari FlightRadar24 Saat Invasi Rusia
Pantau Langit Ukraina Kosong Melompong Pakai Flightradar24 (Foto: Screenshot FlightRadar24)
Jakarta -

Netizen sedunia bisa memantau secara realtime kondisi langit Ukraina. Tidak ada satu pun pesawat komersil lewat sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Kondisi ini bisa dipantau live baik dari website Flightradar24 atau dari aplikasi mereka. Flightradar adalah aplikasi pelacak pergerakan pesawat di seluruh dunia.

Aplikasi ini sangat populer untuk penggemar aviasi, militer atau mereka yang suka traveling. Nah, di tengah situasi Rusia menyerang Ukraina, bisa juga nih dipakai untuk melihat situasi di sana.

Dipantau detikINET, Jumat (25/2/2022) tampak peta Ukraina kosong melompong dari pergerakan pesawat. Semua pesawat menghindari ruang udara Ukraina yang dalam kondisi perang dengan Rusia.

Tampak semua pesawat mengambil jalan memutar ke sekitar Ukraina. Misalnya saja Hungaria, Rumania dan Polandia. Belarus yang memberi jalan Rusia untuk menginvasi Ukraina juga tampak ada pesawat komersil dari Moskow bisa melintas.

Pesawat komersil dari Benua Asia tujuan Eropa Barat banyak yang memilih lewat Laut Hitam di selatan Ukraina. Semua itu demi keamanan.

Dalam situasi perang, ruang udara harus dikosongkan demi keselamatan penerbangan. Artileri, rudal, serangan udara, pembomam adalah kondisi yang berbahaya di udara, seperti yang kini sedang terjadi di Ukraina.

Diberitakan Daily Mail, satu-satunya pesawat yang terpantau terbang di dekat Ukraina adalah drone tempur milik Amerika, RQ-4 Global Hawk yang terbang dengan kode Forte10, Forte11 dan Forte12. Ini adalah pesawat siluman yang biasanya tidak terpantau radar. Namun kini tampaknya sengaja agar bisa dideteksi radar untuk menunjukkan kepada dunia kalau kekuatan militer Amerika sudah hadir di Laut Hitam.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Dua Apartemen di Chasiv Yar Ukraina kena Rudal, 31 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT