Cek Jarak Jokowi ke Medan Perang Ukraina Pakai Google Maps

ADVERTISEMENT

Cek Jarak Jokowi ke Medan Perang Ukraina Pakai Google Maps

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 29 Jun 2022 18:06 WIB
Presiden Jokowi bersama Iriana naik kereta menuju Kyiv Ukraina
Foto: Presiden Jokowi bersama Iriana naik kereta menuju Kyiv Ukraina (dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Kyiv -

Presiden Jokowi berkunjung ke Ibu Kota Ukraina, Kyiv, untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky menggunakan kereta api. Perjalanan ini cukup berisiko di tengah perang dengan Rusia. Nah, seberapa jauh lokasi Jokowi dengan medan perang yang masih berkecamuk di Ukraina?

Kabar baiknya, walau perang antara Rusia dan Ukraina masih panas, dilaporkan bahwa Kyiv sudah tidak menjadi sasaran bagi Rusia. Itu karena Rusia fokus menyerang wilayah selatan dan timur Ukraina, misalnya area Mykolaiv, Kharkiv dan Donbas.

Nah, mari kita tengok perhitungan melalui Google Maps antara lokasi Jokowi di Kyiv dengan beberapa medan perang di Ukraina. Misalnya ke area Donbas, jaraknya dengan Kyiv terpantau mencapai sekitar 850 kilometer alias lumayan jauh.

Google Maps KyivGoogle Maps Kyiv Foto: Google Maps

Kemudian, jarak ke kota Kharkiv yang juga menjadi target utama Rusia lebih dekat, sekitar 480 kilometer. Kharkiv adalah kota kedua terbesar di Ukraina, dan dekat dengan perbatasan Rusia.

Google Maps KyivGoogle Maps Kyiv Foto: Google Maps

Serangan Rusia juga banyak menghantam kota industri Donetsk sehingga situasinya berbahaya di sana. Jaraknya dengan Kyiv adalah sekitar 751 kilometer.

Google Maps KyivGoogle Maps Kyiv Foto: Google Maps

Jadi bisa disimpulkan, Kyiv relatif aman walau tentu kewaspadaan diperlukan. Jokowi sendiri mendapatkan perlindungan ketat dari Paspampres di sepanjang perjalanan bersama Ibu Negara. Dari Ukraina, Jokowi rencananya juga akan mendatangi Rusia.

Jokowi sendiri memakai kereta api, seperti halnya pemimpin dunia yang lain saat berkunjung ke Kyiv. Transportasi ini dianggap paling aman menuju Ukraina. Jika menggunakan pesawat terbang, dikhawatirkan bisa dianggap sebagai provokasi bagi Rusia.

Kemudian jika menggunakan kendaraan darat, banyak infrastruktur jalan rusak akibat perang. Memakai kereta bukannya tanpa risiko, misalnya bisa saja diserang rudal, tapi sejauh ini kondisinya aman.

"Orang pintar akan memakai kereta pada saat ini dibanding mobil. Bahkan meski ada pengeboman di mana-mana, stasiun dan kereta adalah tempat teraman di Ukraina saat ini," kata Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki.



Simak Video "Jokowi Kunjungi Kota Irpin Ukraina: Sangat menyedihkan Sekali!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT