6 Fitur Baru Facebook untuk Jaga Privasi Pengguna, Mesti Coba!

ADVERTISEMENT

6 Fitur Baru Facebook untuk Jaga Privasi Pengguna, Mesti Coba!

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 17 Jun 2022 20:42 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 03: A person holds an iPhone displaying the Facebook app logo in front of a computer screen showing the facebook login page on August 3, 2016 in London, England.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Dalam rangka Bulan Privasi, Meta memberikan sejumlah fitur baru untuk menjaga privasi pengguna Facebook. Apa saja fitur tersebut?

Deretan fitur baru Facebook ini dijelaskan oleh Arianne Jimenez, Privacy and Public Policy, APAC, Meta dalam jumpa pers virtual yang digelar Jumat (17/6/2022). Total ada enam fitur baru yang disiapkan untuk transparansi dan kontrol data pengguna.

"Kami membangun alat untuk lebih transparan kepada orang-orang dan memberikan mereka kendali terhadap bagaimana data mereka digunakan, dan kami mendesain setiap produk dan fitur baru dengan memprioritaskan faktor privasi," jelas Arianne dalam acara tersebut.

Berikut adalah 6 fitur baru Facebook untuk menjaga privasi penggunanya

  • Privacy Checkup
    Pada fitur ini, pengguna bisa melihat data apa saja yang dibagikan, bagaimana menjaga keamanan akunnya, dan bagaimana orang lain bisa menemukan data tersebut di laman Facebook.
  • Access Your Information
    Fitur ini memberikan ringkasan informasi profil pengguna yang bisa diakses setiap saat. Jenis-jenis informasinya pun sudah dikategorikan di setiap profil, dan juga ada fitur pencarian untuk mempermudah pencarian kategori data tersebut.
  • Manage Activity
    Ada kontrol arsip yang dipakai untuk mengatur konten agar tak bisa dilihat oleh orang lain, namun tetap ingin disimpan oleh pengguna. Ada juga kontrol untuk menghapus data tersebut. Lalu, konten yang sudah dihapus bisa dipulihkan kembali dalam rentang waktu 30 hari jika pengguna berubah pikiran.
  • Preferensi Iklan
    Terkait dengan transparansi pada iklan yang ditampilkan, pengguna bisa mengetahui kenapa iklan tertentu ditampilkan pada laman mereka lewat fitur 'Why Am I Seeing This Ad'.
  • Off Facebook Activity
    Data dari Facebook yang dibagikan ke aplikasi dan situs web lain bisa dikontrol lewat fitur ini. Pengguna bisa memutus hubungan dengan aplikasi ataupun situs web lain lewat fitur ini.
  • Data Portability
    Lewat fitur ini, pengguna bisa memindahkan data-datanya, terutama foto, ke layanan lain seperti Google Photos dan Dropbox.

Privasi data harus dijaga layaknya sebuah rumah
Dalam acara yang sama, Noudhy Valdryno, Manager Kebijakan Publik untuk Meta Indonesia, menjelaskan kampanye lain yang diadakan oleh Facebook, yaitu Profil Anda, Rumah Anda.

Kampanye Profil Anda, Rumah Anda, adalah sebuah situs web interaktif yang akan memandu pengguna untuk membangun sebuah rumah dengan proteksi yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

Misalnya bagaimana pengguna mengatur tingkat privasi di akun media sosial masing-masing. Sambil bermain, pengguna juga dapat belajar mengenai fitur-fitur yang ada di Facebook untuk memperkuat privasi akunnya.

"Kita tentu ingin menjaga rumah kita agar tetap aman, kita harus punya mindset yang sama dengan akun di media digital. Menjaga privasi data sama pentingnya dengan menjaga rumah kita. Semakin banyak fitur privasi yang diaktifkan, otomatis profil anda akan semakin aman," jelas Noudhy.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT