Bill Gates Sindir Investor Kripto dan NFT Bodoh

Bill Gates Sindir Investor Kripto dan NFT Bodoh

ADVERTISEMENT

Bill Gates Sindir Investor Kripto dan NFT Bodoh

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 16 Jun 2022 17:13 WIB
Bill Gates
Bill Gates Sindir Investor Kripto dan NFT Foto: Instagram @thisisbillgates
Jakarta -

Bill Gates rupanya bukan penggemar mata uang kripto dan token non-fungible (NFT). Saat berbicara di event TechCrunch, co-founder Microsoft ini bahkan menyindir investor kripto dan NFT.

Gates mengatakan ia lebih memilih investasi di aset dengan hasil yang nyata, seperti pertanian atau pabrik, atau perusahaan yang membuat produk. Ia juga mengaku tidak terlibat dalam investasi kripto atau NFT.

"Saya tidak terlibat dalam hal itu. Saya tidak (mengambil posisi) long atau short dalam hal-hal itu," kata Gates, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (16/6/2022).

Salah satu orang terkaya di dunia ini juga mengindikasikan bahwa ia curiga dengan aset yang dirancang untuk menghindari pajak atau regulasi pemerintah. Tidak sampai di situ, Gates juga menyebut kripto dan NFT sebagai aset yang berbasis pada 'greater fool theory'.

Greater fool theory merupakan konsep keuangan yang menyatakan bahwa seseorang bisa memperoleh keuntungan dari sebuah aset yang nilainya dianggap terlalu tinggi selama ada 'orang idiot' lain di luar sana yang mau membelinya dengan harga lebih tinggi.

"Aset-aset seperti itu 100 persen berdasar kepada sejenis teori kebodohan bahwa seseorang akan membayar lebih banyak daripada yang saya lakukan," kata Gates menambahkan.

Mantan suami Melinda French ini juga menyindir proyek NFT Bored Ape Yacht Club yang menampilkan beragam gambar monyet dengan harga selangit.

"Tentu saja, gambar digital monyet yang mahal akan sangat membantu dunia," kelakarnya.

Ini bukan pertama kalinya Gates mengungkapkan pandangannya yang skeptis tentang kripto. Dalam wawancara dengan Bloomberg pada Februari 2021, Gates khawatir melihat investor umum yang ikut-ikutan membeli Bitcoin padahal pasarnya sangat fluktuatif.

"Saya pikir orang-orang yang terjerumus dalam mania ini mungkin tidak memiliki banyak uang untuk dihamburkan. Pandangan umum saya adalah jika Anda memiliki lebih sedikit uang dibandingkan Elon, Anda mungkin harus berhati-hati," kata Gates dalam wawancara tersebut.

Sejak wawancara tersebut, nilai kripto dan NFT memang terjun bebas. Saat ia berbicara pada tahun 2021, nilai Bitcoin sedang perkasa dan menyentuh USD 63.000 pada puncaknya. Setahun kemudian, nilai Bitcoin anjlok ke level USD 20.000.



Simak Video "Bill Gates Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT