Sensor Apple Watch Bantu Dokter Awasi Pasien Parkinson

Sensor Apple Watch Bantu Dokter Awasi Pasien Parkinson

Josina - detikInet
Rabu, 15 Jun 2022 22:12 WIB
Apple Watch 7
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sensor gerak yang ada di Apple Watch rupanya bisa menjadi alat yang berguna bagi dokter untuk memantau pasien Parkinson, sebuah penyakit pada gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan, sering disertai tremor.

Food and Drug Administration (FDA) atau Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat telah memberikan persetujuan kepada Rune Labs untuk menggunakan perangkat lunak mereka yang dipasangkan dengan Apple Watch untuk melacak gejala penyakit Parkinson.

Rune Labs adalah sebuah startup kesehatan digital yang berbasis di San Francisco itu menciptakan perangkat lunak untuk watchOS yang dapat mendeteksi gejala umum Parkinson seperti tremor, gerakan yang tidak disengaja atau lambat, kekakuan, dan keseimbangan yang buruk.

Smartphone dan bentuk pemantauan jarak jauh lainnya dari Parkinson telah ada untuk sementara waktu, tetapi ini adalah perangkat lunak pertama yang dirancang untuk Apple Watch yang telah disetujui FDA.

Sejak Apple Watch Series 4 pertama kali dirilis pada tahun 2018, perangkat ini mampu mendeteksi benda jatuh dan menawarkan metrik aktivitas tingkat lanjut.

Apple pada tahun yang sama menambahkan Movement Disorder API ke ResearchKit open-source, membuka pintu bagi pengembang dalam membuat aplikasi watchOS untuk melacak Parkinson dan penyakit lainnya.

Rune Labs adalah yang pertama menggunakan API untuk tujuan komersial sebagaimana dilansir detiKINET dari Engadget, Rabu (15/6/2022).

Aplikasi watchOS dari Rune Labs akan memberi dokter akses ke data pergerakan pasien dari waktu ke waktu, selanjutnya dapat melengkapi informasi yang mereka dapatkan dari pemeriksaan fisik secara langsung.

Rune Labs juga mencatat bahwa Apple Watch tidak mampu memberi pasien gambaran lengkap tentang gangguan mereka.

"Tentu saja, ada batasan untuk perangkat Gangguan Gerakan Apple: tremor dan diskinesia hanya dua gejala pada penyakit Parkinson, dan klasifikasi itu sendiri belum sempurna," tulis pendiri Rune Labs, Brian Pepin, dalam sebuah postingan di blog.

Apple sendiri telah lama fokus memperluas dan memperbarui kemampuan pelacakan kesehatan dan kebugaran smartwatch.



Simak Video "Cara Pemakaian Adaptor Charger Dual Port USB-C Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)