iOS 16 Bisa Jadi Cara Apple Kejar Ketertinggalan dari Android

ADVERTISEMENT

iOS 16 Bisa Jadi Cara Apple Kejar Ketertinggalan dari Android

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 14 Jun 2022 21:40 WIB
ios 16
iOS 16. Foto: Apple
Jakarta -

Ingin ponsel yang tampilannya bisa diubah semaunya? Pilih Android. Mungkin itu adalah jawaban penulis jika ada yang bertanya, mending Android atau iPhone. Setidaknya sampai 1-2 tahun lalu.

Di beberapa versi iOS terakhir, Apple seperti ingin mengejar ketertinggalannya dari Android terkait kustomisasi tampilan. Misalnya di iOS 14, Apple akhirnya mengizinkan pengguna untuk menyembunyikan ikon aplikasi di App Library.

Lalu di iOS 14 pengguna juga bisa menampilkan widget aplikasi di home screen, sehingga tampilan home screen sedikit lebih ramai. Bukan sekadar ikon aplikasi-aplikasi yang terinstal di ponsel.

Kedua fitur itu sudah ada sejak lama di Android, yang mungkin menjadi alasan banyak pengguna ponsel memilih Android sebagai ponsel utamanya. Kini di iOS 16, Apple kembali menambah fitur kustomisasinya, yaitu untuk mengubah tampilan lockscreen.

Sebelumnya, tampilan lock screen iOS memang sangat minimalis. Hanya informasi waktu dan tanggal di bagian atas, notifikasi baru di bagian tengah, dan notifikasi lama di bagian bawah. Oh ya, ada juga shortcut ke kamera dan senter pada bagian pojok kiri dan kanan bawah.

Sementara di iOS 16, pengguna bisa menggunakan Live Wallpaper baru di lock screen. Tak cuma itu, pengguna bisa mengubah warna dan tampilan jam di lock screen. Namun yang paling menarik -- setidaknya untuk pengguna iOS --, pengguna juga bisa menampilkan widget di lock screen.

Sejauh ini sudah ada beberapa aplikasi yang mendukung widget di lock screen iOS, seperti cuaca, kalender, alarm, Activity Rings (dari Apple Watch), dan beberapa widget lain.

Nah, di bagian widget lock screen ini, Android malah tak menjadikannya fitur default. Dulu di beberapa versi awal Android, fitur ini memang ada. Fitur ini juga ada di One UI milik Samsung.

Namun Google harus diakui masih unggul dalam kustomisasi home screen. Misalnya pengguna lebih bebas dalam mengatur ukuran widget -- di iOS pilihannya sangat terbatas --. Namun untuk fitur lock screen, tampaknya Android harus mengakui keunggulan iOS 16.

Pengguna bisa mengatur lock screen tertentu sesuai aktivitasnya, karena terintegrasi dengan fitur Focus. Jadi widget yang ditampilkan akan sesuai kebutuhan penggunanya.

Perlu diingat, ini adalah perbandingan tampilan antarmuka antara Android dan iOS. Bukan perbandingan performa ataupun user experience antara dua sistem operasi mobile dengan pengguna terbanyak di dunia tersebut.

Kalau detikers lebih suka tampilan yang mana, Android atau iOS?



Simak Video "Mengulik Sejumlah Fitur Tersembunyi dari iOS 16"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT