Lock Screen iOS 16 Disebut Mirip MIUI, Apple Dituding Contek Xiaomi

Lock Screen iOS 16 Disebut Mirip MIUI, Apple Dituding Contek Xiaomi

ADVERTISEMENT

Lock Screen iOS 16 Disebut Mirip MIUI, Apple Dituding Contek Xiaomi

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 08 Jun 2022 07:48 WIB
iOS 16
Live Wallpaper di iOS 16 dituding contek MIUI. Foto: Apple
Jakarta -

iOS 16 yang diumumkan WWDC 2022 membawa banyak perubahan, paling utama adalah tampilan baru Lock Screen. Namun fitur ini disebut mirip MIUI, alhasil keluar tudingan Apple contek Xiaomi.

Setiap kali update iOS diperkenalkan, selalu saja ada yang pernyataan Apple menyalin fitur milik Android. Namun kali ini, untuk pertama kalinya, langsung spesifik kalau raksasa teknologi asal Cupertino itu 'meminjam ide' dari Xioami.

Jadi, seperti diterangkan di muka, Live Screen menjadi sorotan utama di iOS 16. Pengguna bisa melakukan kustomisasi tampilannya, selain itu pengguna bisa menggunakan Live Wallpaper baru yang salah satunya bertema Astronomi.

Pada Live Wallpaper Astronomi ini Apple menampilkan pemandangan Bumi dari luar angkasa. Begitu pengguna men-swipe, layar seketika melakukan perbesaran pada gambar Bumi.

Inilah yang kemudian memunculkan tudingan kalau tampilan tersebut mirip Super Wallpaper yang ada pada MIUI. Super Wallpaper bertema Bumi sendiri diperkenalkan 2020 silam.

Meski begitu, tampilan Bumi di iOS 16 diambil pada sudut yang lebih jauh dari Super Wallpaper di MIUI. Animasi saat membuka kunci layar juga lebih lembut daripada zoom close-up MIUI.

Bagaimana menurut detikers?

Untuk diketahui ini bukan kali pertama Apple dituduh mencontek Xiaomi. Tahun lalu saat Apple mengirimkan poster undangan peluncuran produk baru disebut meniru desain yang digunakan perusahaan besutan Lei Jun itu pada 2018.

Apple contek XiaomiApple contek Xiaomi Foto: Gizchina

[Gambas:Youtube]



(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT