Ini Wujud KTP di Metaverse

ADVERTISEMENT

Ini Wujud KTP di Metaverse

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 08 Jun 2022 21:12 WIB
Metaverse
Scan retina bisa menjadi metode verifikasi identitas di Metaverse (Foto: Aisyah Kamaliah/detikcom)
Jakarta -

Metaverse atau internet of place pelan-pelan mengisi ruang digital. Segala sesuatu mulai terhubung, mulai urusan untuk game sampai ke pekerjaan.

Nah, yang jadi masalah, belum ada cara akurat yang bisa dijadikan patokan dalam menentukan cara melakukan autentifikasi identitas seseorang di Metaverse. Managing Director Applied Intelligence Lead for Indonesia, Budiono memberikan perkiraannya soal hal yang bisa dijadikan 'KTP'-nya pengguna Metaverse.

Dia mengatakan deteksi retina dan blockchain bisa menjadi 'KTP' yang dipergunakan di Metaverse. Namun tentunya butuh dukungan teknologinya.

"Kami memprediksi mungkin dari segi perangkat (contohnya Oculus) bisa deteksi retina, sehingga ketahuan orangnya real atau tidak, impact-nya ke identification id," ucap Ono, dalam acara 'Accenture Technology Vision 2022: Meet Me in the Metaverse', di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

"Kedua blockchain, ini alasan orang punya cryptocurrency dia akan tahu punya uangnya sekian, itu karena memang sudah jelas," lanjutnya.

Memang belum diketahui aturan pasti untuk mengetahui keaslian identitas yang digunakan seseorang di Metaverse, namun Ono yakin bahwa suatu saat ini akan terwujud. Apalagi sudah ada teknologi yang mumpuni dan tinggal dikombinasikan untuk menciptakan teknologi id verification ini.

"Nanti akan makin hebat. Ada teknologi yang bisa autentifikasi ini orang siapa dengan pasti, karena wajah kalau di Metaverse kan bisa di-mimic. One day, misalnya saya Budiono, walaupun tampilan saya di virtual seperti wanita, ya saya tetap terdeteksi sebagai Budiono," pungkasnya.



Simak Video "Menengok Metaverse Fashion Week untuk Pertama Kalinya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT