5 Level Internet, Dark Web Masih di Tengah

ADVERTISEMENT

5 Level Internet, Dark Web Masih di Tengah

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 08 Jun 2022 09:50 WIB
Jakarta -

Internet yang kita gunakan sehari-hari ternyata memiliki lapisan-lapisan. Semakin dalam lapisan yang kita coba selami, dibutuhkan lebih banyak energi dan juga sumber daya.

Mungkin kamu hanya tahu level internet sampai ke dark web atau deep web, namun ternyata, deep web bukanlah bagian terdalam dari internet.

Sebagaimana ditulis Gadnwid, berikut ini adalah lima level internet yang perlu kamu ketahui.

1. Surface web

Level pertama adalah 'surface web' atau dikenal dengan 'visible web'. Bagian ini adalah internet yang sering kita akses setiap harinya. Ini adalah rumah dari website populer seperti YouTube, Twitter, Wikipedia dan juga Google.

2. Bergie web

Akses ke level internet ini membutuhkan proxy, tor atau modifikasi pada hardware yang kamu gunakan. Di level ini, kamu bisa masuk lebih dalam tetapi website-website di dalamnya masih terindeks. Contohnya adalah 4chan yang merupakan forum foto di mana pengirimnya bisa anonim.

3. Deep web

Nah detikers, ternyata deep web masih diurutan ketiga, nih. Di deep web, search engine tidak bisa melakukan indeks pada situs. Aksesnya hanya bisa dilakukan melalui The Onion Router (Tor).

4. Charter web

Charter web dibagi dua, pertama biasa diakses dengan Tor dan yang kedua adalah 'Dark Web'. Dark web bisa diakses dengan modifikasi hardware yang disebut 'Closed Shell System'. Di sini, dipercaya ada banyak informasi terkait hal-hal misterius seperti Atlantis, eksperimen Perang Dunia 2, dan bahkan bisa digunakan untuk membeli senjata, obat-obatan terlarang sampai ke apapun yang tidak bisa dibeli di toko sekitarmu.

5. Mariana Web

Ada lima level kedalaman internet dan ternyata dark web atau deep web bukanlah yang terdalam dan terkelam. Apa saja tingkatannya?Ada lima level kedalaman internet dan ternyata dark web atau deep web bukanlah yang terdalam dan terkelam. Apa saja tingkatannya? Foto: via Gadnwid

Sebenarnya ada level lain yang berada di antara Mariana Web. Tapi, jangankan sampai ke Mariana Web, level itu pun sudah sangat berbahaya karena bukan sembarang orang yang bisa masuk ke dalamnya.

Mariana Web adalah bagian terdalam dari internet. Siapa yang memiliki atau menemukannya masih menjadi misteri. Dipercaya, baru Amerika Serikat yang bisa mengakses ini dan dibutuhkan komputer kuantum yang keberadaannya sangat sulit didapatkan untuk orang biasa. Katanya, di sini lah AS menyimpan rahasia pemerintahannya.

[Gambas:Youtube]



(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT