3 Misteri Mariana Web, Internet Terdalam Lebih Ngeri dari Dark Web

ADVERTISEMENT

3 Misteri Mariana Web, Internet Terdalam Lebih Ngeri dari Dark Web

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 08 Jun 2022 05:45 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
3 Misteri Mariana Web, Internet Terdalam yang Lebih Kelam dari Dark Web. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Jakarta -

Kamu mungkin sudah tak asing dengan nama 'deep web' atau 'dark web' -- yang sebenarnya merupakan bagian dari deep web. Tapi ternyata, deep web bukanlah bagian terdalam dari internet.

Di ambil dari nama Palung Mariana yang merupakan wilayah laut terdalam, Mariana Web pun memiliki arti yang hampir serupa. Tidak sembarang orang bisa mengakses internet ini, dan digadang-gadang butuh kemampuan komputer super untuk bisa masuk ke dalamnya.

Melansir Gadnwid, Rabu (8/6/2022) berikut ini adalah tiga pertanyaan tentang Mariana Web yang bisa membuat orang penasaran untuk mengenalnya lebih jauh. Apa saja?

1. Apa itu Mariana Web?

Mariana Web adalah bagian terdalam, paling berbahaya dari internet. Dipercaya, hanya orang yang pintar dan memiliki sumber daya yang mencukupi untuk bisa mengakses Mariana Web.

Ada lima level internet, pertama adalah common web dan surface web yang biasa kita gunakan, kedua bergie web, ketiga deep web, keempat charter web, dan level kelima adalah Mariana Web.

2. Bagaimana cara mengakses Mariana Web?

Lebih sulit ketimbang deep web, akses Mariana Web sangat makan energi. Berdasarkan rumor, jika ingin masuk, kamu harus mengkalkulasi algoritma yang kompleks 'Polymeric Falcighol Derivation'. Untuk menyelesaikannya, bisa dibilang mustahil dilakukan tanpa bantuan komputer quantum yang kecepatannya bisa jauh lebih besar dari kecepatan komputer yang biasa kita gunakan.

Digadang-gadang, tugas yang bisa diselesaikan oleh komputer biasa dengan waktu 10.000 tahun, bisa dikerjakan hanya dalam 1 detik oleh komputer kuantum. Akan tetapi, komputer kuantum tidak bisa digunakan oleh sembarang orang karena keterbatasan sumber daya dan biaya yang super besar.

3. Siapa yang memakai Mariana Web?

Sejumlah hacker mengklaim mereka berhasil masuk ke Mariana Web, akan tetapi mereka langsung diserang oleh FBI. Meski tidak diketahui kebenarannya secara absolut, sebagian orang percaya pemerintah Amerika Serikat adalah yang paling mungkin menggunakan Mariana Web.

Di dalam Mariana Web, dipercaya pemerintah menyimpan dokumen rahasia seperti sejarah peradaban manusia, Area 51, informasi alien dan lainnya yang masuk klasifikasi top secret.

Simak Video 'Mengenal Berbagai Level Internet, dari Surface hingga Mariana Web':

[Gambas:Video 20detik]



(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT