Apple Akan Luncurkan Mesin Pencari Pesaing Google?

ADVERTISEMENT

Apple Akan Luncurkan Mesin Pencari Pesaing Google?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 06 Jun 2022 08:28 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Apple Akan Luncurkan Mesin Pencari Pesaing Google? Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Apple saat ini sudah bersaing dengan Google di pasar sistem operasi dan ponsel flagship. Tidak hanya sampai di situ, produsen iPhone ini kabarnya akan melawan dominasi Google di ranah mesin pencari.

Menurut blogger Robert Scoble, Apple akan mengenalkan mesin pencari buatannya sendiri untuk menyaingi Google. Prediksi itu ia ungkapkan di akhir utas Twitter tentang produk apa saja yang akan diumumkan Apple dalam beberapa tahun ke depan.

Scoble tidak memberikan penjelasan lebih lanjut di utas Twitter-nya. Tapi kepada TechRadar Pro, ia mengatakan informasi ini sebagian didasarkan pada percakapan dengan sumber dan sebagian pada deduksi.

"Ini akan menjadi peluncuran produk paling mahal sepanjang masa," kata Scoble, seperti dikutip dari TechRadar Pro, Senin (6/6/2022).

Apple sendiri akan mengadakan event Worldwide Developer Conference (WWDC) pada 6-10 Juni 2022, tapi Scoble mengatakan mesin pencari Apple tidak akan diumumkan di event tersebut. Ia menjelaskan Apple masih membutuhkan waktu dan kemungkinan layanan ini akan diluncurkan pada Januari 2023.

Ini bukan pertama kalinya Apple dirumorkan akan meluncurkan pesaing Google. Pada tahun 2020, Apple dilaporkan akan memperluas hasil pencarian Siri dan Spotlight Searches yang berpotensi dikembangkan menjadi mesin pencari universal.

Apple memang sudah memiliki mesin pencari yang digunakan oleh Siri dan Spotlight Searches. Jadi cukup masuk akal jika mereka ingin mengembangkannya menjadi layanan yang setara dengan Google.

Tidak hanya itu, Apple juga sebelumnya pernah menggantikan layanan Google dengan layanan buatannya sendiri. Seperti saat Apple meninggalkan Google Maps demi Apple Maps, meskipun peluncurannya tidak begitu mulus di awal.

Tapi jika Apple benar-benar mengembangkan mesin pencari untuk menggantikan Google, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS ini harus siap kehilangan pemasukan dalam jumlah besar.

Pasalnya, pada tahun 2021 Google dilaporkan membayar Apple USD 15 miliar untuk bisa menjadi mesin pencari default di iOS. Jika laporan itu akurat, bayaran tersebut setara dengan 15-20% pendapatan tahunan Apple pada tahun 2020.

[Gambas:Youtube]



(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT