iPhone Terancam Pakai USB Type C

ADVERTISEMENT

iPhone Terancam Pakai USB Type C

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 05 Jun 2022 14:00 WIB
USB TYPE-C
Foto: 20Detik
Jakarta -

Negara-negara beserta anggota parlemen Uni Eropa akan menyepakati port pengisian daya umum untuk ponsel, tablet, dan headphone pada 7 Juni. Ini membuat iPhone terancam pakai port USB Type C.

Proposal untuk satu port pengisian daya ponsel pertama kali dicetuskan oleh Komisi Eropa lebih dari satu dekade lalu setelah pengguna iPhone dan Android mengeluh karena harus menggunakan pengisi daya yang berbeda untuk ponsel mereka.

Menanggapi hal itu, Apple sempat mengkritik langkah tersebut dengan alasan bahwa memaksa perusahaan untuk menggunakan USB-C menghambat inovasi. Selain itu, Apple percaya bahwa peralihan pengguna dari kabel Lightning ke USB-C berbahaya dan akan menciptakan 'gunung sampah elektronik'.

Namun sepertinya negara-negara dan anggota parlemen UE dapat mencapai kesimpulan bersama minggu depan untuk menjadikan USB-C sebagai standar pengisian resmi.

Jika undang-undang baru disahkan, itu akan memastikan bahwa semua ponsel, komputer, dan headset yang dijual di Eropa memiliki port pengisian USB-C. Perubahan ini, menurut Komisi Eropa, membantu mengurangi limbah elektronik dan membuat hidup orang lebih mudah.

"Pertemuan dimulai pada hari Selasa, 7 Juni. Ini akan menjadi pertemuan kedua dan mungkin terakhir antara negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen tentang masalah ini, sebuah tanda dorongan untuk secara paksa menyelesaikan kesepakatan yang menguntungkan rakyat." ujar sumber Reouters.

Saat ini, semua model iPhone menggunakan port Lightning, sementara beberapa iPad dan komputer Mac telah beralih ke port USB-C. Meskipun menganggap ini sebagai standar internasional, tampaknya Apple sendiri berada di bawah tekanan dari undang-undang Uni Eropa. Desas-desus beredar iPhone 2023 akan mengganti port Lightning dengan USB-C.



Simak Video "Eropa Wajib Gunakan Konektor USB-C Tahun 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT