Sosok Sheryl Sandberg, Perempuan Terkuat Facebook yang Resign

Sosok Sheryl Sandberg, Perempuan Terkuat Facebook yang Resign

ADVERTISEMENT

Sosok Sheryl Sandberg, Perempuan Terkuat Facebook yang Resign

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 02 Jun 2022 11:22 WIB
Sheryl Sandberg
Sheryl Sandberg. Foto: Getty Images
Jakarta -

Facebook identik dengan pendirinya, Mark Zuckerberg. Namun kejayaan Facebook saat ini tak bisa dilepaskan dari peran Sheryl Sandberg, salah satu wanita paling powerful di dunia IT dan sudah lama memegang jabatan Chief Operating Officer Facebook dan kemudian Meta sebagai perusahaan baru induk Facebook.

Sejak gabung di Facebook tahun 2008, Sheryl yang saat ini berumur 52 tahun menjadi sosok penting di situs jejaring terpopuler dunia itu. Lulusan Harvard Business School ini sering dikatakan sebagai tangan kanan Zuckerberg.

Sheryl pun sudah langganan dinobatkan sebagai salah satu wanita paling berkuasa di dunia bisnis, antara lain oleh majalah Fortune dengan posisi tertinggi urutan 6 pada tahun 2017.

Meski begitu sibuk dengan urusan bisnis di Facebook, Sheryl masih punya waktu membesarkan dua anaknya. Adapun sang suami, Dave Goldberg yang adalah CEO Survey Monkey meninggal dunia pada tahun 2015. Jadi, dia adalah orang tua tunggal.

Dia pun jadi role model wanita yang karirnya hebat namun tetap mengurus keluarga. Sheryl Sandberg juga dikenal sebagai pembela hak-hak wanita.

"Dunia di mana pria mengurusi separuh rumah tangga dan wanita mengurusi separuh institusi akan menjadi dunia yang jauh lebih baik," kata Sheryl suatu ketika, dikutip detikINET dari Sydney Morning Herald.

Deborah Gruenfeld, profesor di Stanford University menilai Sheryl adalah simbol untuk gelombang baru feminisme. Di mana wanita bisa memiliki kekuasaan hanya dengan menjadi seorang wanita saja. Seorang wanita bisa feminin namun tetap berkuasa penuh.

"Dia sangat membumi. Dia punya status tinggi dan di waktu yang sama, dia sangat hangat, mudah didekati dan manusiawi," kata Deborah mengungkapkan kesannya ketika bertemu dengan Sheryl.

Kini, Sheryl Sandberg memutuskan untuk resign dari Facebook. Dalam wawancara dengan CNBC, Kamis (2/6/2022) Sandberg mengatakan setelah mundur dari Meta ia akan fokus dengan kegiatan amalnya. Ia menegaskan keputusan ini tidak diambil karena bisnis iklan Meta yang sedang seret atau sorotan dari regulator yang semakin kencang.



Simak Video "Saham Meta Meroket 23%, Kekayaan Mark Zuckerberg Tembus Rp 1000 T"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT