Kena Lagi, Bill Gates Dituduh Jadi Dalang Cacar Monyet

ADVERTISEMENT

Kena Lagi, Bill Gates Dituduh Jadi Dalang Cacar Monyet

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 01 Jun 2022 07:37 WIB
FILE - In this Feb. 9, 2019, file photo, Bill Gates, chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation, attends the
Kena Lagi, Bill Gates Dituduh Jadi Dalang Cacar Monyet. Foto: AP/Samuel Habtab
Jakarta -

Makin terkenal dan sukses seseorang, risiko jadi omongan publik juga meningkat. Tapi masalahnya, bukan hanya hal baik yang suka dibicarakan netizen, terkadang juga ada fitnah dan tuduhan dalam kabar angin.

Usai dituduh jadi dalang COVID-19, Founder Microsoft Bill Gates difitnah netizen menjadi penyebab cacar monyet. Cacar monyet saat ini menjadi penyakit misterius yang muncul di sejumlah negara.

Dr David Heymann ahli epidemiologi dan pakar kesehatan publik di London mengatakan bahwa penyebaran cacar monyet di negara maju adalah 'peristiwa acak' yang tampaknya merupakan hasil dari kontak intim antara orang-orang yang menghadiri dua acara besar baru-baru ini.

Di Eropa, Associated Press melaporkan pada 23 Mei penularan cacar monyet dari manusia ke manusia terjadi melalui kontak dengan lesi kulit, cairan tubuh, pakaian dan tempat tidur yang terkontaminasi. Cacar monyet juga bisa menular jika terjadi kontak jarak dekat dari droplet. Di Amerika Serikat, kasus yang dikonfirmasi biasanya melibatkan orang-orang yang baru saja bepergian ke luar negeri.

Bisa dibilang, sejauh ini, tidak ada bukti untuk mendukung klaim bahwa Gates berada di balik penyakit tersebut.

Bill Gates kerap menjadi sasaran teori konspirasi, salah satu yang terkenal adalah 'microchip di vaksin'. Gates sudah beberapa kali angkat suara, bantah tuduhan tersebut. Ia pun mengaku teori konspirasi itu adalah hal bodoh yang hanya bisa memperburuk keadaan.



Simak Video "Bill Gates Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT